Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Peringatan Tuhan Hal Upah Pekerja


Yakobus 5:4 ~ Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu.// Dënuat dhe vratë të drejtin: ai nuk ju kundërshtoi. //ἰδοὺ ὁ μισθὸς τῶν ἐργατῶν τῶν ἀμησάντων τὰς χώρας ὑμῶν ὁ ἀφυστερημένος / ἀπεστερημένος ἀφ' ὑμῶν κράζει, καὶ αἱ βοαὶ τῶν θερισάντων εἰς τὰ ὦτα κυρίου Σαβαὼθ εἰσελήλυθαν / εἰσεληλύθασιν.

Teks di atas masih satu kesatuan dengan Yakobus 5:1, yaitu ditujukan kepada orang kaya. Orang kaya secara materi ditandai dengan ciri memiliki buruh/pegawai yang membantu pekerjaannya dalam melakukan aktivitas ekonominya. 

Peringatan Tuhan terhadap pemilik pegawai adalah untuk memperhatikan upah yang diberikan kepada buruh/pegawainya, tentu saja pada zaman Alkitab di Israel ditulis kegiatan ekonomi bertumpu dengan konsentrasi pada hasil alam termasuk pertanian. Dalam perkembangannya pemberi kerja adalah orang perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan-badan lainnya yang mempekerjakan tenaga kerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain. 

Dalam perkembangan sistem bentuk penghargaan yang diberikan kepada karyawan sebagai balas jasa atas kontribusi yang mereka berikan kepada organisasi atau pemilik modal menurut  Monday dan Noe bahwa kompensasi keuangan langsung terdiri atas gaji/ upah, dan insentif (komisi dan bonus). Gaji dan upah dibedakan dimana gaji adalah imbalan finansial yang dibayar kepada karyawan teratur seperti tahunan, catur wulan, bulanan atau mingguan sedangkan upah merupakan imbalan financial langsung yang dibayar kepada para pekerja berdasarkan jam kerja, jumlah produksi atau pelayanan. Gaji bersifat tetap sedangkan upah berbeda-beda. Sedangkan kompensasi keuangan tidak langsung dapat berubah berbagai macam fasilitas dan tunjangan. 

Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Tenaga Kerja (UU 13 tahun 2003) yang dipakai adalah upah. Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundangundangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan. (pasal 1:30) Untuk selanjutnya dipakai adalah kata upah bukan gaji. Dalam kaitannya hubungan industri pancasila, maka diaturlah upah minimum regional (provinsi, kabupaten atau kotamadya) serta upah minimun sektoral. Perhitungan yang berdasarkan Peraturan Menakertrans RI Nomor 13/2012 dibulatkan hingga 60 komponen. Berikut komponen dimaksud:
  1. Beras
  2. Sumber Protein
  3. Kacang-kacangan
  4. Susu bubuk Sedang
  5. Gula pasir
  6. Minyak goreng curah
  7. Sayuran
  8. Buah-buahan
  9. Karbohidrat lain
  10.  Teh atau kopi
  11. Bumbu-bumbuan
  12. Celana/rok/Pakaian Muslim
  13. Celana pendek katun
  14. Ikat Pinggang
  15. Kemeja lengan pendek/blus
  16. Kaos oblong/BH
  17. Celana dalam
  18. Sarung/kain panjang
  19. Sepatu kulit sintetis
  20. Kaos Kaki
  21. Perlengkapan pembersih sepatu
  22. Sandal jepit karet
  23. Handuk mandi
  24. Perlengkapan Ibadah
  25. Sewa kamar\
  26. Dipan/tempat tidur
  27. Perlengkapan tidur
  28. Seprei dan sarung bantal
  29. Meja dan kursi
  30. Lemari pakaian
  31. Sapu Ijuk
  32. Perlengkapan makan
  33. Ceret almunium
  34. Wajan almunium
  35. Panci almunium
  36. Sendok masak
  37. Rice Cooker ukuran
  38. Kompor dan Perlengkapannya
  39. Gas Elpiji
  40. Ember plastik
  41. Gayung Plastik
  42. Listrik 900 watt
  43. Bola Lampu
  44. Air bersih standar PAM
  45. Cream/deterjen
  46. Sabun cuci piring
  47. Seterika 250 Watt
  48. Rak Piring Portable plastik
  49. Pisau dapur
  50. Cermin
  51. Bacaan/Tabloid
  52. Ballpoint/pensil
  53. Sarana kesehatan
  54. Deodorant
  55. Obat anti nyamuk Bakar
  56. Potong rambut
  57. Sisir biasa
  58. Transport kerja dan lainnya
  59. Rekreasi
  60. Tabungan
Aturan menteri juga menegaskan, pencapaian KHL dalam penetapan upah minimum merupakan perbandingan besarnya upah minimum terhadap nilai KHL pada periode yang sama. Buruh yang berteriak kepada Tuhan soal upah dipengaruhi bukan semata upah yang diterima yang dinilai dengan nominal uang, sebab ada yang perlu diperhatikan yaitu kesejahteraan kaum buruh. Pasal 1:31 menyatakan bahwa Kesejahteraan pekerja/buruh adalah suatu pemenuhan kebutuhan dan/atau keperluan yang bersifat jasmaniah dan rohaniah, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja, yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempertinggi produktivitas kerja dalam lingkungan kerja yang aman dan sehat. 

Undang-undang berbicara bahwa kesejahteraan memiliki hubungan dengan tingkat produktivitas dan mendorong terjadinya peningkatan produktivitas. Hal kesejahteraan jika dikaitkan dengan produktivitas maka berbicara soal insentif dan fringe benefit (kompensasi tidak langsung). Produktivitas sebenarnya hanya salah satu faktor saja yang dapat menghasilkan kesejahteraan meningkat, sebab faktor lainnya antara lain:
  • Penawaran dan permintaan,
  • Serikat pekerja,
  • Kemampuan untuk membayar,
  • Biaya hidup, dan
  • Pemerintah.
Amsal 28:11 Orang kaya menganggap dirinya bijak, tetapi orang miskin yang berpengertian mengenal diaKata bijak dalam teks berasal dari kata  חָכַם "chakam". NASB Translation menterjemahnkan (english): acting wisely (1), becomes (1), been...wise (1), deal wisely (1), exceedingly (1), make me wiser (1), makes us wiser (1), making wise (1), skillful (1), teach his wisdom (1), wise (16), wiser (2). 

Teks di atas mengungkapkan premis yang telah sejak lama berkembang sejak dahulu bahwa karena bijak maka menjadi kaya dan karena bijak mengerti bahwa agar usaha berlanjutan yang memjamin kelestarian kejahteraan karyawan masa depan maka perlu tambahan modal dari deviden yang ditahan sehingga dapat tetap bersaing dan mempertahankan pangsa pasar dan atau ekspansi baik horizontal maupun vertikal terlebih lebih dengan globalisasi dan juga aneka faktor lain, seperti: makin pendeknya umur mesin dan atau teknologi karena mesin atau teknologi berkembang pesat sehingga butuh mesin/teknologi terbaru untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing. Pemberi kerja acapkali merasa bijak karena telah melewati serangkai pertimbangan untuk menentukan upah terutama soal kompensasi yang merupakan faktor yang menyebabkan hasil bertambah, antara lain:
  • Menyelenggarakan survei gaji, yaitu survei mengenai jumlah gaji yang diberikan bagi pekerjaan yang sebanding di perusahaan lain (untuk menjamin keadilan eksternal),
  • Menentukan nilai tiap pekerjaan dalam perusahaan melalui evaluasi pekerjaan (untuk menjamin keadilan internal),
  • Mengelompokkan pekerjaan yang sama/sejenis ke dalam tingkat upah yang sama pula (untuk menjamin employee equity /keadilan karyawan),
  • Menetapkan harga tiap tingkatan gaji dengan menggunakan garis upah,
  • Menyesuaikan tingkat upah dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku (menjamin gaji layak dan wajar).
Sedangkan karyawan cenderung melihat :
  • kebutuhan hidup bukan kebutuhan dasar,
  • Konsep keadilan eksternal yang diyakini,
  • Konsep keadilan internal yang diyakini
  • Kejujuran dan kebenaran serta motivasi dari aneka alasan yang diberikan oleh pemberi kerja.
Jika memperhatikan faktor yang mempengaruhi kesejahteraan saat ini bukan saja tugas pemberi kerja, namun banyak pihak yeng bertanggung jawab seperti seikat pekerja, pemerintah dan likuiditas moneter dan tingkat inflasi yang mempengaruhi biaya hidup.

Serikat Buruh bukan hanya menyuarakan peningkatan upah minimum daerah atau sektor usaha ekonomi melalui demo turun ke jalan (harus tertib, aman dan terkendali sesuai dengan sistem prosedur yang berlaku) namun bagaimana meningkatkan produktivitas ( Keahlian dan atau keterampilan) dan wawasan pekerja/pegawai sehingga dapat menghasilkan sesuatu lebih baik. 

Likuiditas  ( tetapi juga jangan menahan upah yang harus diberikan ->Imamat 19:13) yang mempengaruhi keuangan untuk mampu membayar sehingga kestabilan moneter sangat penting dan juga peran pemeritah yang multi dimensi agar kesejahtera misalnya : Hadirkan lapangan kerja yang banyak sehingga mempengaruhi dan merubah peta permintaan dan penawaran pasar tenaga kerja, investasi di sektor pendidikan yang diharapkan meningkatkan keterampilan pekerja terutama calon tenaga kerja baru yang lulusan dari pendidikan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja ......... 

Tuhan memperhatikan transaksi antara pemberi kerja dengan yang menerima pekerjaan tersebut. Kedua belah pihak berada di bawah pengawasan-Nya. Dia akan membawa semua yang terjadi di dunia dalam sidang pengadilan terakhir di tahta-Nya. Dia memberikan upah kepada setiap apa yang kita perbuat. Memerintah bersama Yesus menjadi raja-raja dan imam-imam dalam Kerajaan-Nya disediakan bagi umat-Nya yang percaya dengan memperhatikan pertanggungjawab saat memberi pekerjan dan atau menerima pekerjaan. (untuk tindak-tanduk pekerja tidak dibahas di dalam kesempatan tulisan kali ini, sebab si pemberi kerja dapat memecat bila kerjanya tidak sesuai dengan yang diharapkan sesuai prosedur yang berlaku)

2 komentar:

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."