Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Senin, 24 September 2012

Allah Itu Rendah Hati


Matius 11:29 ~ Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan // ἄρατε τὸν ζυγόν μου ἐφ' ὑμᾶς καὶ μάθετε ἀπ' ἐμοῦ, ὅτι πραΰς εἰμι καὶ ταπεινὸς τῇ καρδίᾳ καὶ εὑρήσετε ἀνάπαυσιν ταῖς ψυχαῖς ὑμῶν·


Firman itu mengenakan daging dan membuka pengertian manusia tentang Allah bahwa Dia benar-benar Allah adalah rendah hati. Aku lemah lembut dan rendah hati dan semua manusia dianjurkan untuk belajar rendah hati kepada-Nya. Sekalipun Musa pada waktunya adalah orang yang  paling rendah hati di bumi namun manusia dianjurkan belajar rendah hati dari Firman yang mengenakan daging serupa dengan manusia. Dia itu rendah hati, Dia itu Allah.

Teks Rendah hati berasal kata ταπεινὸς  yang memiliki arti rendah hati, lemah lembut, menggambarkan orang yang tergantung pada Tuhan daripada diri sendiri. Teks lain antara lain : 

  • Yesaya 57:15 ~ Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: "Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk
  • Yesaya 66:2 ~ Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku
  • Mika 6:8 ~ "Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?"

Tuhan tidak pernah membanggakan diri, tindakannya dilakukan penuh kasih yang membangun dengan menjadikan manusia sasaran kasih-Nya yang dibuktikan oleh tindakan Yesus.

Dia mengajarkan untuk belajar rendah hati sebab Dia telah lakukan jauh melampaui apa yang dapat dilakukan oleh manusia. Kitab Filipi mencatat dalam Filipi 2:5-11 ~  Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa. Dia telah menberi contoh bahwa Dia dalam kasih-Nya penuh dengan kerendahan hati hingga menyapa, mencari dan menyelamatkan yang terhilang.

Dia yang Maha Rendah hati menghendaki dan mencari manusia yang rendah hati seperti Musa yang seorang pangeran Mesir setelah mengalami proses pembentukan selama 40 tahun mengembalakan kambing domba di padang gurun selama 40 tahun untuk meremukan kecongkakan karena status, pendidikan dan kuasanya yang diperoleh dari Firaun. Setelah  proses 40 tahun menjadikan Musa rendah hati maka Bangsa Israel diijinkan Tuhan selama 40 tahun di padang gurun supaya belajar rendah hati. Selama sendirian di padang gurun 40 tahun sebelumnya, Musa juga belajar bergantung pada Tuhan. Berdasarkan kitab Mika maka kerendahan hati akan menjadikan karakter umat-Nya menjadi antara lain : hidup jauh dari kecongkakan, senantiasa bersyukur dan memuji Tuhan, dan ingat selalu akan kebaikan Tuhan.

Dia melampaui Musa sebagai pangeran di Mesir sebab Dia Mahabesar namun Dia adalah sangat rendah hati dan mencari orang yang rendah hati karena ada berkat bila kita menjadi rendah hati karena proses pembentukkan-Nya, antara lain :

  • Mazmur 22:27 ~ Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang, orang yang mencari TUHAN akan memuji-muji Dia; biarlah hatimu hidup untuk selamanya!
  • Mazmur 25:9 ~ Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.
  • Mazmur 37:11 ~ Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.
  • Mazmur 149:4 ~ Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.
  • Zefanya 3:12 ~ Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN
  • Yakobus 4:6 ~ Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."
Dia rendah hati. Kitab Ayub menyatakan ~ Ketahuilah, Allah itu perkasa, namun tidak memandang hina apa pun, Ia perkasa dalam kekuatan akal budi. (Ayub 36:5) Dengan kerendahan hati maka manusia dapat menerima kebijaksanaan-Nya dan kebajikan-Nya itu membuat Dia Rendah hati dan juga Mahabesar nyata dengan ajaib. (1 Korintus 1:25 ~ Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia).

Kerendahan hati adalah sosok yang dicari Tuhan, Dia ingin menemukan manusia yang mau diproses oleh Dia yang telah meninggalkan segala sesuatu untuk menunjukkan kasih dan menyelamatkan orang yang terhilang. Dalam kerendahan hati akan nyata, seperti :

  • Efesus 4:2 ~ Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.
  • 1 Petrus 3:8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati
Dia telah memberikan teladan rendah hati, Dia ingin memproses seperti yang dilakukan terhadap Musa sehingga kita dijumpai menjadi orang yang rendah hati dan mendapat berkat dari-Nya.











    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
    Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
    Saran dapat disampaikan melalui

    1. Facebook.

    2.Twitter


    3. Email Send mail
    "Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
    Yesaya 16:3

    Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


    Prayer Cycle
    11 May - 17 May 2014
    EHC Prayer

    Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
    Kalender Doa Bulan April

    Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

    Tetaplah berdoa
    "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."