Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Green Management



Kejadian  2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
וַיִּקַּח יְהוָה אֱלֹהִים אֶת־הָאָדָם וַיַּנִּחֵהוּ בְגַן־עֵדֶן לְעָבְדָהּ וּלְשָׁמְרָהּ׃

Manajemen hijau, sebagai paradigma dalam pengelolaan organisasi yang berbasis pada aktivitas perlindungan, pengawetan dan pelestarian lingkungan adalah sebuah upaya terprogram, terpadu dan teritegrasi dari seluruh pihak agar berdaya guna dan berhasil guna dan bermanfaat bagi semua pihak.
Jauh sebelum manusia jatuh dalam dosa, sebelum timbul aneka permasalahan akibat hilangnya kemuliaan Allah, manusia yang ditempatkan Tuhan di taman Eden mendapatkan perintah  mengusahaakan dan memelihara taman itu. Memelihara lingkungan hidup adalah tugas pertama manusia yang diberikan Tuhan kepada manusia.

Menjaga lingkungan adalah identik menjaga plasma nutfah. Indonesia adalah memiliki spesies terbesar untuk fauna laut, flora dan vegetasi hutan tropis. Kelalaian menjaga lingkungan hidup karena terjadinya perubahan pola ronatif iklim akibat pembalakan hutan. Deforestrasi hutan, pemburuan liar terhadap species langka, musnahnya plasma nutfah, pencemaran sungai-air-tanah sampai polusi asap sarat COx dan NOx

Memgusahakan dan memelihara adalah titik imbang antara kecepatan eksplotasi sumber alam dengan kemampuan regenarasi alamaihnya secara holistik dan integralistis. Permasalahan lingkungan bukanlah semata-mata berbicara tentang untung-rugi atau finansial. Manajemen hijau harus memenuhi dua postum keadilan , yakni "Keadilan Inter Generasi" dan "Keadilan Antar Generasi". Keadilan inter generasi berarti bahwa aktivitas pembangunan beserta hasilnya harus memberi manfaat kepada seluruh masyarakat tanpa kecuali. Keadilan Antar Generasi mengisyaratkan bahwa pembangunan pada masa sekarang harus dirasakan manfaatnya oleh genarasi yang akan datang dan generasi yang mendatang berhak menikmati kekayaan alam.

Untuk mendukung manajemen hijau diperlukan perilaku konsumen dan pendekatan pemasaran yang memiliki wawasan lingkungan. Gumesson merumuskan 30 R mengantikan 4 P dengan menempatkan relationship antara perusahaan dengan lingkungan sebagai hubungan penting yang didalamnya terdapat perkembanganan situasi dan kemajuan tekhnologi akan merembaknya kesadaran masyarakat akan kualitas, kesadaran lingkungan. Relationship, interactions dan network sebagai inti parameter pemasaran berdasarkan pertalian. Lingkungan dalam manajemen hijau sebagai sistem kehidupan mencakup tiga aspek, yaitu:
  • Lingkungan fisik atau materiil.
  • Ligkungan sosial, relasi manusia sebagai komunitas,
  • Lingkungan idiil spiritual yang berkenaan dengan dunia ide dan kesadaran.
namun acapkali direduksi menjadi lingkungan fisik saja.
Tuhan sangat berkepentingan dengan lingkungan hidup manusia, sebab lingkungan disediakan bagi manusia terlebih-lebih saat memperhatikan umat-Nya yang membutuhkan lingkungan hidup yang bernilai bagi kelangsungan hidup yang sehat. [Wahyu  7:3 katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"]
Pilihan berdasarkan lingkungan hidup antara lain :
  • Menciptakan produk dengan karakter dan komposisi yang memiliki dampak kepada lingkungan yang lebih kecil.
  • Meningkatkan pengunaan bahan mentah lebih produktif atau yang terbarukan.
  • Mengefisienkan pengunaan kemasan dan pengunaan bahan bio degradable atau re-use.
  • Efesiensi energi.
  • meningkatkan ketahanlamaan (durability)
Pembangunan yang berkelanjutan adalah mutlak dan penting bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Tumbuhan penghasil oksigen, pangan, air ........... yang sangat diperlukan untuk kehidupan manusia. Menjaga lingkungan dan menerapak manajemen lingkungan yang berstandar adalah kewajiban manusia dalam menguasahakan dan memelihara lingkungan yang telah di ciptakan Tuhan untuk manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."