Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Rabu, 15 Mei 2013

Media Sosial dan gaya Hidup Anak Muda Sebuah Tantangan

Thesource4parents melakukan penelitian seberapa pentingkah media sosial (Facebook, Twitter, dll) bagi generasi muda? Riset terbaru telah menjawab pertanyaan tersebut dengan mengungkap fakta bahwa lebih dari 50 persen generasi muda lebih memilih kehilangan salah satu dari pancaindra mereka ketimbang harus meninggalkan jejaring sosial mereka.

Sepertinya berkomunikasi melalui teknologi merupakan kebutuhan yang sangat penting, bukan?
Meski penelitian menunjukkan daya tarik untuk berkomunikasi dengan teman-teman lewat layar monitor masih berada di bawah cara konvensional, yaitu komunikasi tatap muka, tetapi terkembangan teknologi virtual dan mobilitas pergerakan dapat memungkinkan terjadinya perubahan. Penelitian menimbulkan pertanyaan media apakah yang sebaiknya kita gunakan ketika berkomunikasi dengan kaum remaja pada masa ini? Apakah pertanyaan ini harus dijawab dengan satu alternatif jawaban saja?

Pertama, mari kita lihat secara sekilas daya tarik media sosial. Sebuah penelitian yang relatif aktual, baik secara waktu maupun metodologi, menanyai 7.000 kaum muda dari berbagai negara tentang seberapa besar ketergantungan mereka terhadap media sosial. Hasilnya ternyata mengejutkan karena 53 persen dari kaum muda AS, Inggris, Spanyol, Tiongkok, Brasil, India, dan Meksiko yang disurvei berkata bahwa mereka lebih memilih untuk kehilangan indra penciuman mereka daripada kehilangan jejaring sosial yang mereka ikuti.

Penelitian yang dilakukan oleh McCann Worldgroup menemukan bahwa banyak orang muda akan merasa "terasing dan dikucilkan" jika mereka kehilangan jejaring sosial mereka. Namun, mereka memang memunyai alasan untuk "merasa" demikian dalam berjejaring sosial.

Spekulasi terkini menyatakan Facebook, yang tidak diragukan lagi telah menjadi raksasa media sosial dunia, akan mencapai jumlah anggota sebanyak 1 miliar pengguna pada Agustus 2012 nanti. (Perlu diingat juga bahwa meskipun Facebook mendominasi, masih ada banyak jejaring maya lainnya seperti Twitter, Tumblr, Pinterest, Google+, Xanga dll.) 

Dengan populasi dunia yang hampir mencapai 7 miliar, memang agak mengejutkan untuk beranggapan bahwa secara umum 1 dari 7 penduduk akan memunyai profil Facebook meski ada data yang menunjukan bahwa 20% penguna facebook terlibat dan menyibukan diri dengan game online dan untuk memudahkan bermain maka diantara mereka memiliki lebih dari satu akun facebook. Namun, kenyataan tersebut dapat menjelaskan preferensi kaum muda terhadap Facebook ketimbang indra penciuman mereka: mereka cuma tidak ingin melewatkan untuk tidak bergabung dalam jejaring terbesar di dunia.

Jadi, hal ini berarti jika orang dewasa ingin berhubungan dengan kaum muda, mereka harus melakukannya secara daring ("online"). Benar begitu?
Della Nadya Budiman juga mengadakan penelitian di kalangan mahasiswa Prasetiya Mulya Business ditemukan fakta bahwa 50 persen dari responden diketahui memiliki akun jejaring sosial lebih dari 2 buah akun. Responden yang hanya memiliki akun Facebook saja sebesar 10 persen. Sedangkan yang hanya memiliki akun Twitter saja berjumlah 15 persen. Responden yang memiliki baik akun Facebook dan Twitter sebesar 25 persen. Sebesar 10 persen responden memiliki tiga akun, yaitu Facebook, Twitter, dan FourSquare.  Persentase paling besar, yaitu 30 persen memiliki akun Facebook Twitter, dll. Sedangkan, 10 persen responden lainnya memiliki akun Facebook, Twitter, FourSquare, dll.
75 persen responden menggunakan akun jejaring sosial dengan intensitas 5-7 kali dalam seminggu atau hampir setiap hari. Sedangkan, 15 persen responden menggunakan akun jejaring sosial sebanyak 2-4 kali seminggu. Hanya masing-masing 5 persen dari responden yang menggunakan akun jejaring sosial dengan intensitas 1 kali seminggu dan satu bulan sekali. Dari grafik di atas, terlihat bahwa tidak ada satupun responden yang menjawab hampir tidak pernah menggunakan ataupun mengecek akun media jejaring sosialnya. Hal ini menunjukkan bahwa, intensitas penggunaan media jejaring sosial oleh remaja sangat tinggi. 

Mengigat media sosial memiliki pengemar fanatik di mana saja yang telah terjangkau oleh internet, maka sangat wajar menjadi media dengan aneka kepentingan dengan fenomena yang mengejutkan adalah Presiden Obama muncul sebagai presiden karena kemampuan menjaring simpatisan lewat twitter. Perdagangan, lowongan kerja, pengetahuan dan aneka peristiwa hadir mewarnai sehingga mesin mencari situs telah bergeser ke media sosial agar lalulintas data ke situs atau blog meningkat. 

Dalam mengunakan media sosial online elektronik hadir gaya bahasa yang menjadi ciri khas. Gorys Keraf dalam bukunya Diksi dan Gaya Bahasa  memaparkan tiga unsur dalam gaya bahasa yang baik. Ketiga unsur tersebut adalah: kejujuran, sopan-santun, dan menarik. Dalam pergaulan semakin terbuka dan masuk arus globalisasi maka terjadilah pergeseran nilai gaya bahasa. 

Kesimpulannya tidak secepat itu.
Ericsson, raksasa teknologi komunikasi dan produsen ponsel, baru-baru ini berupaya mengetahui cara kaum remaja saling berkomunikasi dan bersosialisasi. Penemuan mereka, yang dipublikasikan di internet, mungkin mengejutkan orang-orang yang percaya bahwa kaum remaja sepenuhnya bergantung pada teknologi untuk berrelasi dengan orang lain.

Para peneliti Ericsson langsung ke sasarannya dengan sebuah pertanyaan sulit, "Cara komunikasi apa yang paling Anda tidak bisa Anda tinggalkan?" Apa yang mereka temukan seharusnya memberi banyak harapan bagi para orang tua dan pembimbing kaum muda. "Bertemu muka dengan muka" merupakan bentuk komunikasi yang akan sangat dirindukan oleh kaum remaja seandainya mereka kehilangan hal tersebut.
Tentu saja, beberapa bentuk teknologi mendominasi daftar jawaban berikutnya. Ponsel menempati peringkat kedua (berkirim pesan singkat) dan ketiga (bertelepon), sedangkan Facebook berada di urutan keempat dalam daftar.

Bagian rangkuman laporan tersebut mencakup ketiga poin di bawah ini:
  • Berkirim pesan singkat memang seru, tetapi tidak ada yang melebihi pertemuan tatap muka.
  • Facebook banyak mendapat "jempol", tetapi itu hanyalah alat.
  • Bercakap-cakap dengan video semakin populer.
Peneliti lain menyimpulkan media sosial digunakan dengan dalam batasan pergaulan bertujuan :
  • Sarana berkenalan dengan teman lama dan teman baru sekaligus menjaga silaturahmi.
  • Sarana berbagi status, foto, musik, film, dan aneka informasi dan kesenangan serta permainan.
  • Mencari popularitas.
  • mencari dukungan dan atau memberi dukungan terhadap sesuatu.
(Perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan oleh Ericsson, produsen ponsel yang baru saja mengumumkan kerugian besar pada kuartal terakhir lalu, yang mengungkapkan bahwa ponsel lebih populer daripada Facebook. Oleh karena itu, perlu data bandingan tentang seberapa lama sebenarnya kaum remaja menggunakan ponsel mereka.)

Nielsen selalu menyediakan data terpercaya tentang hal-hal yang dilakukan kaum muda dengan ponsel mereka. Nielsen, dalam laporan bulan Desember di Mobile Obsession, menganalisis data lebih dari 65 ribu pengguna ponsel. Laporan ini menyatakan "berkirim pesan singkat" masih menjadi "perilaku dominan kaum remaja dalam menggunakan ponsel mereka". Rata-rata lalu lintas pesan singkat setiap bulannya meningkat mencapai 3.417 SMS per individu pada kuartal ketiga tahun lalu. Angka itu menunjukkan rata-rata 7 SMS per jam (di luar jam tidur). (Pada remaja putri angkanya lebih tinggi, rata-rata 3.952 SMS setiap bulannya.)

Menurut laporan itu juga, "penggunaan telepon" oleh kaum remaja telah berkurang belakangan ini, dari rata-rata 685 menit waktu bicara per bulan menjadi 572 menit, atau perhitungan kasarnya 19 menit per hari. Mari bandingkan data ini dengan waktu penggunaan internet oleh kaum muda. Laporan terbaru dari Nielsen mengungkapkan bahwa rata-rata remaja usia 12-17 tahun menghabiskan 1 jam 25 menit per minggu bermain internet lewat komputer mereka (sekitar 12 menit per hari). Pemuda usia 18-24 tahun menghabiskan 4 jam 2 menit per minggu bermain internet lewat komputer mereka (sekitar 35 menit per hari).

Apakah angka-angka tersebut melampaui waktu para remaja bergaul dengan teman sebaya setiap harinya? Menurut Anda, cara apa yang mereka pilih untuk berkomunikasi?

Kaum remaja semakin merasa nyaman berkomunikasi lewat teknologi, sementara pada saat bersamaan mereka menunjukkan keinginan untuk berkumpul bersama dan sekadar "bepergian" dengan teman sebaya. Terkadang waktu sosial ini penuh dengan paradoks. Pernahkah Anda menyaksikan putri Anda duduk di sofa sambil ber-SMS dengan temannya yang berada tak jauh darinya? Komunikasi digital terkadang lebih praktis bagi generasi ini, tetapi apakah semakin banyak kaum muda yang akan memilih sarana itu untuk sepenuhnya menggantikan komunikasi tatap muka?

Laporan Ericsson menunjukkan kaum remaja memilih komunikasi tatap muka. Sebuah temuan yang membutuhkan nyali untuk diumumkan oleh produsen ponsel yang tengah mengalami penurunan laba. Menarik disimak bahwa laporan tersebut juga mengungkapkan rata-rata para remaja hanya menghabiskan 4 menit setiap melakukan panggilan. Bagaimana mungkin suatu percakapan via ponsel selama 4 menit dapat dibandingkan dengan sebuah perbincangan 4 mata di kedai kopi?

Jadi, menurut Anda para orang tua dan pembimbing kaum muda, manakah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan kaum remaja?
Gunakanlah URL dan IRL.
Tampaknya sederhana, tetapi telah terbukti beberapa cara orang dewasa gagal diterapkan dalam berhubungan dengan putra-putri mereka. Jika Anda mencoba memengaruhi para remaja, mengapa kita berpikir harus memilih antara melakukannya di dunia maya (URL) dan di dunia nyata (IRL--in real life).

Kaum remaja menggunakan keduanya. Mengapa kita tidak?
Para remaja mengawali hubungan dengan remaja lain di dunia maya dan secara langsung. Mereka membina hubungan tersebut dengan kedua cara itu. Singkatnya, tidak ada seorang remaja pun yang ingin melepaskan diri dari kedua dunia itu. Waktu untuk berkomunikasi di dunia maya dan bertatap muka sama pentingnya bagi mereka, dan seharusnya berlaku juga bagi kita.

Dari sudut pandang orang tua, sepertinya tidak ada orang tua yang membatasi komunikasi dengan putra-putrinya hanya secara maya saja. Bukankah aneh jika saat makan bersama seorang anak mengirim pesan singkat kepada ayahnya, "Tolong sayurnya, Pa." Orang tua terbaik adalah orang tua yang berupaya berkomunikasi empat mata dengan putra-putrinya sesering mungkin, sembari menjaga pengaruh dalam kehidupan digital mereka.

Demikian juga, para pembimbing kaum muda harus menyadari bahwa saat bertatap muka adalah cara terbaik untuk memberi pengaruh kepada kaum remaja, meskipun banyak di antara mereka tidak mungkin bisa berhubungan dengan semua jemaat remaja setiap minggu. Tidak ada cukup waktu dalam sehari untuk melakukan semua hal tersebut, namun para pembimbing itu tidak boleh berdiam diri. Mereka harus melibatkan diri dalam media sosial, entah itu dengan tweet, atau dengan "suka", atau dengan cara media sosial apa pun untuk memberi pengaruh di dunia digital terhadap kaum remaja yang mereka bimbing.
Berikut ini adalah strategi dua sisi yang dapat Anda terapkan, yang berlaku untuk orang tua dan pembibing kaum muda dalam berkomunikasi dengan kaum remaja.

1. "Online"-lah sesering mungkin. Pada masa ini, membina hubungan dengan kaum remaja belumlah lengkap tanpa kita terlibat secara digital. Setidaknya, luangkan waktu dua kali dalam seminggu untuk berkomunikasi dengan remaja via teknologi. Dalam banyak hal, komunikasi jenis ini sangat membantu mereka. Untuk itu diperlukan sikap antara lain :
  • Belajar media sosial internet.
  • Memahami manfaat dan bahwa yang mengancam dalam mengunakan media sosial. Bukankan ada sejumlah kejadian anak di bawah umur lari dari rumah akibat ngobrol di media sosial yang menyakinkan bahwa di luar sana lebih baik meskipun kenyataan berbeda.
  • Mengetahui batasan bergaul yang wajar di media sosial.
  • Pantaulah akses internet.
2. Berkomunikasilah secara tatap muka seoptimal mungkin. Komunikasi jenis inilah yang paling ampuh, bahkan paling diharapkan. Para pembimbing remaja bisa meluangkan waktu setidaknya sebulan sekali di luar acara gereja dengan jemaat remaja mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan kegiatan seperti berolah raga bersama, menonton film bersama, atau memasak bersama.
Dengan meningkatnya media sosial maka waktu untuk berkomunikasi tatap muka makin sedikit dan gaya hidup berbeda dan konsep kehidupan melebar sesuai dengan apa yang ditemui dalam internet. Kondisi ini menharuskan orang tua untuk bersikap antara lain :

Kesimpulannya sederhana. Kita tidak perlu memilih salah satu cara, entah itu "online" atau bertatap muka, untuk berkomunikasi dengan kaum remaja. Kita dapat dan seharusnya memanfaatkan kedua cara itu. Bagaimanapun juga, sepertinya demikianlah yang diinginkan anak-anak itu.

Alkitab mengajarkan agar anak-anak dan remaja memperhatikan perkataan dan mengarahkan pendengaran kepada ucapan yang mengajar. (Amsal 4:20 ~ Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku;) Bagaimana dapat mengarah pendengaran mereka dan memperhatikan perkataan jika hanya mengandalkan media tradisional sedangkan mereka telah alami perubahan gaya hidup, terlebih lebih mereka yang kuliah dalam artikel ini mengunakan data Prasetiya Mulya Business dari penelitian Della Nadya Budiman yang semuanya terhubung dan masuk dalam arus media sosial. Kiranya pertolongan Tuhan hadir dalam perubahan gaya hidup seiring media sosial menjadi bagian dari kehidupan yang melekat dalam era informasi dan digitalisasi elektronika agar di ULR dan IRL berjumpa dengan karya Roh Allah sehingga Dia ada perjumpaan yang membentuk dan memproses menurut kehendak-Nya. 


Sumber : weruah.wordpress.com/2012/09/21/media-sosial-dan-gaya-hidup-anak-muda-sebuah-tantangan/ 
Publikasi perdana ~> Fri, 21 Sep 2012 16:35:25 +0000

1 komentar:

  1. Media sosial sifatnya relatif. Orang kristen harus kristis dan selektif dalam menggunakannya. Salam
    hidup adalah PERJUANGAN
    Bahagia selamanya

    BalasHapus

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."