Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Trader Defensif


Amsal  15:22 Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak. Dalam suatu penelitian terhadap manajer yang mencapai karier dengan sukses dengan yang "drop out" yang paling menentukan bukanlah kepandaian, kemampuan, produktivitas, komitmen dan ambisi melainkan sikap defensif yang dominan dalam perilakunya sehingga tidak beruntung. Dalam dunia trader, dikenal juga trader defensif.  Treder defensif adalah seorang trader yang sangat sulit dalam menerima petunjuk, saran, sanggahan, bahkan kritik membangun individu melainkan menjadi gusar,marah serta cenderung mudah memberikan penjelasan dan pembenaran atas apa yang telah dilakukannya. Dengan sikap demikian akan membawa ke arah yang salah. Trader defensif cenderung mempertahankan status quo dan tidak ada ruang untuk evaluasi dan koreksi terhadap apa yang dilakukannya. Hal ini dapat mengakibatkan antara lain :
  • Lingkungan akan kurang empati.
  • Trading tidak berkembang
  • Kesempatan/ momentum banyak terlewatkan sia-sia.
  • tidak didengar.
  • Sulit mencapai kedewasaan (treder matang / dewasa )
  • Rentang terhadap kerugian
Penelitian menunjukan bahwa penyebab trader defensif banyak dipengaruhi oleh pendidikan tinggi atau well educated. Lingkungannya, mulai dari keluarga, mengharapkan dirinya untuk selalu "sempurna" dalam perilaku dan sifat. Mereka lebih banyak tahu mengenai apa yang dilarang dan tidak dibandingkan apa yang harus dilakukan. Mengetahui banyak tentang yang dilarang tanpa biasa berusaha mencari sebab dan pengalaman untu kemudian melakukan evaluasi, analisa. Trader defensif bukan hanya ada dikalangan bursa, namun dalam transaksi aneka kegiatan ekonomi, namun di bursa, hal tersebut sangat terasa dampaknya dibandingkan sektor kegiatan ekonomi lainnya. 

Penulis Amsal menyatakan bahwa dengan penasihat dapat terlaksana. Penasihat adalah yang mengetahui sesuatu yang benar dan tepat sehingga cakap dan layak untuk didengarkan. Trader yang memiliki penasihat menempatkan pemikiran penasihat sesuatu pertimbangan yang layak dipertimbankan untuk diikuti. Penasihat akan berfungsi apabila kita mendengar dengan seksama pertimbangan dengan membuka saluran komunikasi dengan ditandai dengan menerima segala kritik an masukan serta meminta solusi dan saran yang diikuti dengan komitmen dan tindakan evaluasi, analisa dan sistesis. Mendengarkan adalah keberanian menerima feeback negatif. Nasehat Amsal jika mempertimbangkan nasihat dari penasihat yang bijak antara lain:
  • 11:14 Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.
  • 24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.
  • 15:22 Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.
  • 13:10 Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasihat mempunyai hikmat.
Dalam mempertimbangkan aneka nasihat, selaku orang beriman tidak boleh melupakan Tuhan Yesus. Dalam Yesus Tuhan ada segala hal yang mendatangkan kebaikan, termasuk dalam setiap transaksi kegiatan ekonomi.
  • Yesaya  11:2 "Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;"
Bila mengikuti Torah (nasehat, petunjuk, aturan, hukum) maka akan berbahagia.
  • Mazmur 1:3 ,"Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil".
Saat Simon seorang nelayan profesional tidak dapat mendapatkan ikan setelah berusaha menjala ikan lalu taat kepada suara Yesus maka Simon mendapat banyak ikan. Yohanes 21:5-6. (5) Kata Yesus kepada mereka: "Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?" Jawab mereka: "Tidak ada." (6) Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan. Bila kita tidak mendengarkan penasihat, manusia bijak yang kelihatan adalah sulit menerima nasihat dari Tuhan yang adalah Roh. Belajarlah mengubah perilaku dari trader defensif dengan mendengarkan pertimbangan penasihat bijak dan jalin hubungan dengan Tuhan, sumber segala pengertian dan nasihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."