Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Selasa, 11 Juni 2013

Antara Teologi dan Antropologi


orang Kristen mempercayai bahwa Alkitab adalah wahyu dan firman-Nya berkenaan dengan sesuatu kenyataan dan benar. Segala sesuatu tercipta karena Allah, termasuk manusiapun adalah ciptaan Allah yang diciptakan segambar dengan Allah. ( Kej 1:26,27)

Budaya manusia pun tercipta karena kemampuan Allah berikan kepada manusia yang kreatif itu. Namun keberdosaan manusia telah mengakibatkan banyaknya distorsi terhadap relasi Allah - Budaya dan Manusia. 

Affiliate Bank
Antropologi mempelajari manusia beserta budayanya. Ada perbedaan antara Teologi dengan ilmu sosial termasuk antropologi. Teologi berdasarkan otoritas tertinggi adalah Allah sedangkan antropologi adalah manusia. Patokan kebenaran teologi dalam adalah Firman Allah sedangkan antropologi adalah penemuan empirik. Dalam teologi maka pembatasan berasal dari Allah sedangkan dalam antropologi batasan dari alam dan psikologi atau budaya. Dalam teologi minat adalah keabsolutan sedangkan antropologi adalah kerelatifan hidup. Kejahatan berdasarkan Theologi sepenuhnya kepada manusia sedangkan dalam antropologi terletak kepada sistem. Perbedaan antara teologi dan antropologi mengakibatkan masing masing memiliki keunggulan dan kelemahan dari sudut pandang keilmuan. 

Adanya usaha usaha mengkombinasikan kekuatan kekuatan teologi dan antropologi dengan asumsi:
  • Menolak relasi Allah - manusia tanpa budaya akan menghasilkan teologi ekstrim.
  • menolak relasi manusia - budaya tanpa Allah atau meminimalkan Allah akan menghasilkan antropologi atheis.
Kombinasi teologi dan antropologi sesuatu fenomena yang banyak ditemui di dunia. Manusia melalui budayanya berusaha menjalin relasi dengan Allah dan Allah memakai budaya manusia agar menusia mengenal Allah. 
Asumsi-asumsi Christian Etnotheology menurut Dr. Kraft adalah :
  • Allah itu mutlak. Dalam hal ini Allah selain absolut juga suprakultural, sedangkan malaikat dan Iblis tidak absolut namun superkultural, dan manusia nonabsolut dan kultural.
  • Manusia makhlut terbatas karena diciptakan terbatas untuk berkondisi seperti itu. Terbatas oleh ruang, waktu, genetik, budaya dan pengalaman.
  • Allah berkomunikasi komunikasi dengan manusia dengan memakai pola komunikasi manusia.
  • Allah memakai budaya manusia.
  • Alkitab penuh makna.
Permasalah dasar budaya manusia dalam konteks teologi kristen adalah kondisi start awal manusia telah jatuh kepada Iblis sejak manusia jatuh ke dalam dosa. Start awal lazimnya ditandai oleh : "Satanic captivity, ignorance/error dan non-Christian allegiance" yang seharusnya berada dalam "Growing Relationship to God and His People" sebagaimana sebelum manusia jatuh dalam dosa. Untuk kembali ke kondisi awal Firman telah menjadi manusia dan memerdekakan manusia dari perbudakan Iblis, tetapi secara antropologi perlu adanya kebutuhan / keinginan dari orang beriman dan masuk proses yang melibatkan peran aktif manusia merespon pekerjaan Roh Kudus yang memerdekakan. 

Dalam keterbatasan memadukan teologi dengan antropologi, Allah menyapa manusia dalam budayanya yang unik sekalipun seluruh budaya manusia telah tercemar oleh dosa. Roh Allah bekerja yang menghasilkan pertobatan bagi memberi respon positif dan menjadi ciptaan baru.  

Nara sumber : P. Tanibenas.
Sumber: weruah.wordpress.com/2009/09/16/teologi-dan-antropologi/ 
Publikasi: Wed, 16 Sep 2009 01:58:52 +0000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."