Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Jumat, 02 Mei 2014

SMS Dalam Pelayanan dan Marketing serta Teknologi Internet


SMS dalam artikel ini di batasi dalam pengertian masalah informasi, dimana SMS memiliki ruang lingkup meliputi:
  • Layanan pesan singkat atau Surat masa singkat yang biasa disingkat SMS (dari bahasa Inggris: Short Message Service), sebuah layanan yang dilaksanakan dengan sebuah ponsel untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek.
  • SMS premium, sebuah layanan ponsel interaktif.
  • SMS Gateway, suatu sistem komputer yang menyediakan mekanisme untuk menghantar dan menerima pesan singkat dari peralatan bergerak (HP, PDA phone, dll)
Layanan Pesan Singkat. SMS telah mengakibatkan perubahan fenomena sosial, contoh yang terkenal antara lain :


  • Januari 2001, Joseph Estrada dipaksa turun takhta sebagai presiden Filipina. Kampanyenya dikoordinasi lewat SMS.
  • Juli 2001, pemerintah Malaysia memutuskan bahwa dalam menjatuhkan talak tiga (dalam perceraian menurut agama Islam) tidak boleh memakai SMS. Siapa saja bisa meminjam atau mencuri telepon genggam dan mengirim pesan tersebut. Tidak ada bukti seperti tulisan, suara yang bisa dicamkan, atau saksi yang bisa mengesahkannya. Talak tersebut perlu di daftarkan di mahkamah atau kantor kadi sebelum disahkan. Beda Malaysia dengan Di sejumlah negara Timur Tengah sebab dapat menerima pesan SMS dapat diterima. Di Indonesia menyebabkan guncangan politik di Garut yang berakibat turunnya bupati Garut yang dipicu dengan pesan SMS. Indonesia cenderung ambil sikap seperti Malaysia bukan negara di Timur Tengah.

  • SMS telah menjadi sarana untuk membentuk opini publik karena populer.  SMS sangat populer di EropaAsia, Australia, Amerika Serikat , SMS secara relatif jarang digunakan. SMS populer salah satu faktor karena relatif murah. 

    SMS telah merambah dalam dunia pelayan Kristen dimana pesan-pesan di kirim oleh seorang pimpinan kepada staf / bawahan dan atau anggota jemaat melalui SMS secara masal. Hal ini juga terjadi dalam dunia bisnis, marketing. Pesan singkat di kirim dengan sekali kirim sangat banyak dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan SMS secara individu lewat handphone yang dimiliki. Dengan memasang iklan SMS dengan target tertentu atau daftar orang tertentu maka biaya penyampaian informasi menjadi lebih murah dan bersifat masal, contoh RDS SMS Advertising dan menghadirkan SMS sebagai sumber tambahan pendapatan

    SMS Premium yaitu  sebuah layanan ponsel yang memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi terbaru tentang berita, olahraga, dunia hiburan, mendapatkan ramalan zodiak terbaru, mengikuti undian berhadiah, mendapatkan nada sambung pribadi, bahkan juga digunakan untuk memilih peserta favorit kita dalam sebuah acara realitas di televisi dan atau menerima pelayanan kerohanian dengan membayar dan atau gratis contoh :  serta lainnya. SMS Premium merupakan sebuah perkembangan teknologi komunikasi SMS sebelumnya.


    Layanan SMS Premium dapat terselenggara dengan adanya kerja sama antara operator telekomunikasi dengan fixed wireless dan seluler dengan content provider. SMS Premium mulai berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi SMS. Perlahan tetapi pasti, layanan ini mulai menggeser layanan lainnya yaitu premium call yang dulunya membanjiri pasar. 


    SMS Premium mulai dikenal oleh masyarakat ketika acara-acara acara realitas membanjiri pertelevisian. Awalnya layanan ini hanya digunakan untuk voting saja, namun layanan ini terus berkembang dengan konten-konten yang sangat menarik dimana operator mensyaratkan anda harus memiliki server dengan IP publik sendiri dan bukan hosting (sewa space server).


    SMS ini dikelompokan menjadi dua yaitu:

    1. SMS Pull adalah layanan SMS berbasis request, jadi hanya ketika diminta maka informasi via SMS tersebut akan dikirim ke pengguna ponsel. Layanan yang biasa menggunakan model ini seperti ini adalah kuis, polling, atau information on demand.
    2. SMS Push, adalah layanan berbasis langganan dengan cara pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya layanan ini di dahulukan dengan kata ‘REG’. Selanjutnya selanjutnya secara rutin penyelenggara konten akan mengirimkan SMS secara rutin ke pelanggan tersebut. Dan baru akan berhenti ketika pelanggan mengirim permohonan yang biasanya diawali dengan kata ‘UNREG’.
    SMS gateway adalah perkembangan SMS yang memungkinkan komputer untuk mengirim atau menerima Short Message Service (SMS) transmisi ke atau dari jaringan telekomunikasi. Kebanyakan pesan yang pada akhirnya dialihkan ke dalam telepon selular jaringan.Banyak SMS gateway mendukung konversi media dari email dan format lainnya, sehingga SMS dijadkan sebuah validasi dalam sebuah transaksi on line atau sebuah permintaan terhadap sesuatu jasa yang ditawarkan di internet sekalipun jasa tersebut tanpa dipungut bayaran.

    Sejumlah aplikasi SMS gateway antara lain :

    • AOL Instant Messenger (AIM) versi 5.2 dan di atas memiliki dukungan untuk mengirimkan pesan SMS secara gratis.
    • MSN Messenger ( Windows Live Messenger ) 7,0 dan up memiliki dukungan untuk pesan SMS 
    • ICQ juga memiliki dukungan untuk mengirimkan pesan SMS tanpa biaya.   
    • Microsoft Outlook 2007 memiliki dukungan asli untuk mengirimkan pesan SMS di seluruh dunia melalui Mobile Service Outlook. Ada juga plug-in untuk Microsoft Outlook yang menambahkan fungsi ini. Ini menggunakan gateway SMS dari agregator atau operator seluler. 
    • Skype memiliki dukungan untuk mengirimkan pesan SMS. SMS dikirim melalui Skype dapat dikonfigurasi untuk muncul sebagai berasal dari ponsel pengguna Skype. 
    • Yahoo! Messenger , dapat diakses melalui aplikasi khusus klien, atau melalui situs web (mail.yahoo.com) memiliki dukungan untuk pesan SMS. 
    Pesan teks dapat dikirim dari komputer pribadi ke perangkat mobile melalui SMS gateway, dengan menggunakan paling populer klien email program, seperti Eudora, Thunderbird, dan sebagainya. Pesan harus dikirim dalam ASCII "text-only" mode. Jika mereka dikirim dalam mode HTML, atau menggunakan karakter non-ASCII, mereka kemungkinan besar akan muncul sebagai omong kosong pada telepon seluler penerima. 

    SMS sudah menjadi bagian kehidupan manusia dengan hadirnya handphone yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Dengan makin bervariasi roduk ponsel dari yang murah sampai yang harganya cukup mahal maka hampir semua lapisan masyarakat dapat dijangkau oleh SMS sehingga dalam aplikasinya SMS merambah ke hampir semua bidang kehidupan, bukan saja untuk bisnis marketing tetapi juga memudahkan dalam kegiatan non-profit lainnya seperti aneka pelayanan kemasyarakatan secara luas ..... dan ini diizinkan sehingga setiap orang dapat terkoneksi dimanapun dia berada selama jaringan dapat menjangkaunya.


    Gateway SMS juga dapat dilakukan di bawah ini, yang menjankau seluruh dunia dan bersifat masal.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
    Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
    Saran dapat disampaikan melalui

    1. Facebook.

    2.Twitter


    3. Email Send mail
    "Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
    Yesaya 16:3

    Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


    Prayer Cycle
    11 May - 17 May 2014
    EHC Prayer

    Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
    Kalender Doa Bulan April

    Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

    Tetaplah berdoa
    "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."