Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Rabu, 30 April 2014

Catatan Singkat Hubungan Luar Negeri Raja Salomo


1 Raja-raja 4:34 Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.
וַיָּבֹ֙אוּ֙ מִכָּל־הָ֣עַמִּ֔ים לִשְׁמֹ֕עַ אֵ֖ת חָכְמַ֣ת שְׁלֹמֹ֑ה מֵאֵת֙ כָּל־מַלְכֵ֣י הָאָ֔רֶץ אֲשֶׁ֥ר שָׁמְע֖וּ אֶת־חָכְמָתֹֽו׃ ס

Teks di atas dipahami oleh Cambridge Bible for Schools and Colleges adalah Dari semua raja-raja di bumi (daerah kerajaan yang dikenal Bangsa Israel) melalui jalur perdagangan yang dibangun,
diduga membuka hubungan diplomatik, kedutaan dikirim dari berbagai kerajaan. 

Percepatan arus informasi tentang hikmat Salomo menyebabkan hadirnya Ratu Sheba yang berkunjung menemui Salomo (pasal 10), Kehadiran kepala negara sekaligus kepala pemerintahan melewati perjalanan jauh dan waktu cukup lama adalah sesuatu yang jarang terjadi (Teknologi transportasi saat itu tidak seperti saat ini) sebab saat itu cukup dengan mengirim utusan dan mendirikan kantor diplomatik saja terlebih-lebih jika perhatikan tradisi Arab, Yahudi dan terutama Etiopia menceritakan hubungan percintaan Salomo dengan Ratu Negeri Syeba, yg menurut tradisi Etiopia, melahirkan seorang anak bagi Salomo, yaitu Menelik I. Dan menurut tradisi pula Menelik I menjadi pendiri dinasti raja mereka.

Kehadiran kors diplomatik dari bangsa-bangsa yang mendengar keberadaan kerajaan Israel membuat jalur perdagangan internasional Israel saat itu berkembang pesat dan wilayah kerajaan Israel meluas tanpa pertumpahan darah, melainkan karena aneka kesepakatan kerjasama internasional .... Alkitab mencatat bahwa:
  • Maka Salomo memperkuat kota-kota yang diberikan Huram, raja Tirus, kepadanya, dan menyuruh orang Israel menetap di sana. Lalu Salomo pergi ke Hamat-Zoba dan menaklukkannya. Kemudian ia memperkuat Tadmor di padang gurun dan semua kota perbekalan yang didirikannya di Hamat. Ia memperkuat juga Bet-Horon Hulu dan Bet-Horon Hilir menjadi kota kubu yang bertembok, berpintu gerbang dan berpalang, dan juga Baalat, dan segala kota perbekalan kepunyaan Salomo, segala kota tempat kereta, kota-kota tempat orang berkuda dan apa saja yang Salomo ingin mendirikannya di Yerusalem, atau di gunung Libanon, atau di segenap negeri kekuasaannya ...... ( 1 Raja-Raja 9; 2 Tawarikh 8)
  • Raja Salomo berkuasa atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir. Mereka menyampaikan upeti dan tetap takluk kepada Salomo seumur hidupnya ( 1 raja-raja 4:21)
  • Salomo paling membanggakan putri Firaun, hal yg sebelumnya hampir tidak lazim di antara raja-raja Timur kuno. Karena kedudukan putri Firaun ini begitu istimewa, Salomo membangun balai istimewa di istana khusus bagi dia (1 Raj 3:1; 7:8) Persekutuan ini sangat menguntungkan Salomo, sebab ia mendapat Gezer, kota perbatasan, dari Firaun (mungkin seorang raja terakhir dari dinasti 21 yg tak berkuasa itu) sebagai warisan (TBI, 'hadiah kawin', 1 Raj 9:16).
  • Adanya pakta persekutuan Salomo dengan Hiram (969-936 sM), raja Tirus (1 Raj 5:1-12). Orang Fenisia, yg baru saja memasuki masa jaya kolonialnya, menyediakan ahli-ahli bangunan dan bahan-bahan bangunan, khususnya kayu Libanon yg terkenal baik dan bagus, untuk Bait Suci dan bangunan-bangunan istana Salomo. Merekalah yg merancang dan mengelola kapal-kapal Salomo; dan merekalah pasar penjualan gandum dan minyak zaitun Palestina. Paling sedikit satu kali Hiram menolong Salomo dengan pinjaman yg tidak kecil (1 Raj 9:11)
  • Kehadiran banyaknya wanita asing menjadi isteri Salomo buktinya Israel menjadi magnet pertumbuhan ekonomi saat itu. Secara politis, kawin dengan perempuan-perempuan asing memang bisa mencapai sasaran, tapi sama sekali tidak ditilik secara rohani. Penulis Kitab Raja-raja tidak mencela Salomo karena birahinya, melainkan karena ia tidak setia kepada cita-cita murni agama Israel, yaitu menyembah Yahweh Yang Esa, sebab terpengaruh oleh isterinya dari bangsa luar negeri (asing).
Ketegangan dengan bangsa Asing menurut Alkitab terjadi dengan Bangsa Mesir, yaitu:
  •  Yerobeam yang menentang Salomo sehingga ambil tindakan minta suaka politik di Mesir dan mendapatkannya {1Raj. 11:40 ~ Lalu Salomo berikhtiar membunuh Yerobeam, tetapi Yerobeam bangkit dan melarikan diri ke Mesir, kepada Sisak, raja Mesir, dan di Mesirlah ia tinggal sampai Salomo mati. & 1Raj. 12:2 ~ Segera sesudah hal itu kedengaran kepada Yerobeam bin Nebat--pada waktu itu dia masih ada di Mesir, sebab ia melarikan diri ke sana dari hadapan raja Salomo--maka kembalilah ia dari Mesir. }
  •  Hadad, seorang keturunan, raja Edom, yg melarikan diri dan tinggal di istana raja Mesir selama Yoab membunuh semua laki-laki di Edom, kembali ke tanah asalnya dan agaknya mengganggu daerah Israel bagian selatan (1 Raj 11:14-22, 25).  Firaun membujuk Hadad, adalah pertanda yg menunjukkan kecenderungan Mesir membina persekutuan yg menguntungkan selama kurun waktu itu.
  •  Rezon, yg bergumul untuk membebaskan Damsyik dari Israel dan mendirikan kerajaan merdeka di kota itu, yg dulu merupakan markas besar Daud di Utara (2 Sam 8:6). Hilangnya dari tangan Salomo kota Aram yg letaknya sangat strategis, dan yg sangat penting bagi kegiatan dagang sangat melemahkan kekuasaannya di Siria Utara dan Tengah. Kerajaan, yg merupakan satu keutuhan itu, yg pada permulaan pemerintahan Salomo meluas dari Teluk Akaba sampai S Orontes dan Efrat, dan dari pantai Laut Tengah sampai ke Transyordan (bnd 1 Raj 4:24), diancam kehancuran.
Ketegangan dengan Mesir Perkawinannya dengan perempuan-perempuan asing membawa agama-agama asing, dan keyakinan raja Salomo, yg diungkapkannya dalam doa waktu menahbiskan dan mempersembahkan Bait Suci kepada Yahweh (1 Raj 8:23, 27), menjadi luntur akibat mengikuti ibadah-ibadah sinkretisme untuk menyenangkan hati para istrinya. Pembatalan perjanjian Israel yg mengerikan ini tak mungkin dibiarkan tanpa hukuman

Alkitab mengajarkan bahwa kesuksesan Salomo berawal dari keintiman yang harmonis dengan TUHAN dimana Tuhan mengaruniakan hikat sehingga mencapai kemajuan dan kedamaian rusak akibat melupakan TUHAN yang adalah sumber segala sesuatu yag didapat Salomo. Salomo yang mementingkan kepuasan dan kenyamanan bagi dirinya dan sukunya mengali kehancuran masa depan kerajaan Israel sebab hubungan internasional / hubungan luar negeri yang baik dapat diraih saat stabilitas dan pembangunan dalam negeri terjaga, alami pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Akibat meninggalkan kasih dan hukum Tuhan Alkitab mencatat keadaan dalam negeri Kerajaan Salomo yang membuat Mesir berani menampung suaka politik dari kerajaan Israel saat alami kemunduran Salomo sebab pertumbuhan ekonomi negatif dan stabilitas politik, keamanan alami gangguan.  Peristiwa itu antara lain: 
  • Pemberontakan Yerobeam karena Salomo meminting dirinya sendiri dan melangar hak-hak asasi warga menikmati fasilitas publik yang ada.
  • Pengenaan beban pajak yang cenderung meningkat karena beban anggaran dan biaya hidup kerajaan yang mewah tetapi suku Yehuda tidak dikenakan pajak. (1 Raja-Raja 12)
 Salomo setelah wafat maka kerajaan Salomo terpecah, wilayah Israel menyusut sekalipun ada sisa-sisa kejayaan seperti:
  • Putra mahkota dan penerus tahta: Rehabeam, dari istrinya Naamah, orang Amon
  • Putri Tafat, menjadi istri Ben-Abinadab, kepala daerah yang memegang seluruh tanah bukit Dor (1 Raj 4:11).
  • Putri Basmat, menjadi istri Ahimaas, kepala daerah di Naftali (1 Raj 4:15)
Alkitab mengajarkan agar kita mengakhiri pertandingan dengan baik. Kesuksesan Salomo yang mengibarkan kejayaan kerajaan dalam pergaulan bangsa-bangsa tergelincir dan membuat ditinggalkan oleh banyak sahabat korps diplomat asing dan memberikan inspirasi negara super power saat (mesir)  untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari rusaknya stabilitas.  Runtuhnya kerajaan Salomo menghapuskan seluruh hubungan luar negeri yang dibangun. Rusaknya stabilitas dalam negeri menghadirkan bangsa Mesir menikmati keuntungan politik dengan menampung musuh sejumlah Salomo dengan memberikan suaka politik. 

Hubungan internasional dalam rezim Salomo sesuatu yang menarik karena cakupan permasalahan dan kompleksitas yang luas ekonomi, sejarah, hukum internasional, filsafat keagamaan, geografi, Hak asasi manusia, keuangan/moneter ....... dan menjadi pelajar yang penting bagi banyak bangsa di dunia saat ini dan juga bagi perjalanan kerohanian kita dalam mengiring TUHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."