Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Senin, 20 Mei 2013

Efektifitas Mengajar Kreatif Alkitab


Yesaya 58:2-3 (2) Memang setiap hari mereka mencari Aku dan suka untuk mengenal segala jalan-Ku. Seperti bangsa yang melakukan yang benar dan yang tidak meninggalkan hukum Allahnya mereka menanyakan Aku tentang hukum-hukum yang benar, mereka suka mendekat menghadap Allah, tanyanya: (3) "Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu. 

KURIKULUM pendidikan Indonesia diarahkan untuk membentuk sumber daya manusia yang aktif dan kreatif.Anak didik yang penuh inovasi menjadi sasaran utama kurikulum. Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tengah mengkaji kurikulum pendidikan yang berorientasi pada pembentukan kreativitas dan kewirausahaan pada anak didik sedini mungkin. 

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal meminta pembelajaran aktif kreatif, dan menyenangkan terus dilakukan. pembelajaran aktif atau sering disebut student center learning adalah metode untuk meningkatkan proses pembelajaran.Sistem ini meliputi pembelajaran aktif,kreatif, dan menyenangkan (Pakem). Pakem adalah usaha yang berorientasi pada pembentukan kemandirian berfikir serta mengasah kreativitas. Dengan Pakem dapat membentuk dan merangsang kewirausahaan. 

Dalam Kitab Yesaya dijelaskan betapa giatnya orang-orang Yahudi mempelajari Taurat Tuhan. Mereka sepertinya sangat senang mempelajari Kitab Suci. Kesenangan mempelajari maka akan melahirkan semangat secara aktif dan kontiyu serta menimbulkan kreativitas. 

Permasalahan yang timbul dalam pendidikan Agama zaman Yesaya adalah respon Tuhan tidaklah seperti yang diharapakan peserta didik dan guru Agama terhadap jerih lelah usaha belajar. Kreativitas yang lahir dari usaha mempelajari agama tidak sejajar dengan respon Tuhan Allah? Ada perbedaan yang menyolok antara kreativitas dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan kreativitas dalam menjalan hubungan dengan Allah dengan baik termasuk dalam mengajarkan kebenaran Alkitab. 

Lawrence O. Richards membagi belajar menjadi lima tahap. Tahapan itu adalah:
  1. Tahap menghafal tanpa berpikir.
  2. Tahap mengenali
  3. Tahap mengucapkan kembali.
  4. Tahap menghubungkan.
  5. Tahap merealisasi.
Dalam tahap merealisasi, sasaran dari semua kegiatan pengajaran Alkitab, yaitu merealisasikan dalam pengertian membuatnya nyata dalam pengalaman kita. Kenyataanan realisasi yang seolah olah melakukan hukum Tuhan mungkin secara tidak disadari dapat menjebak kita mengulang perilaku bangsa Israel pada zaman Yesaya. 

Tekanan yang kuat kepada usaha merealisasikan perintah Tuhan dengan kekuatan dan akal budi manusia haruslah didasari oleh kasih yang benar dan kasih itu adalah buah Roh dan buah Roh adalah pekerjaan Roh Allah. Tanpa kehadiran dan keterlibatan Roh Allah dapat mengakibatkan nasib yang sama seperti pembelajaran orang Israel pada masa Yesaya. 

Pengajaran kreatif berarti secara sengaja atau secara sadar dan secara efektif memusatkan perhatian pada aktivitas-aktivitas belajar yang dapat meningkatkan tahap belajar para pelajar. Hal ini adalah sisi lemah dalam banyak pengajar Alkitab sehingga sulit memusatkan perhatian dan menjadi pasif. 

Namun mengajar kreatif telah berkembang pesat. Dalam mengajar kreatif mengenal KTSP. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) mengisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk dapat mengungkapkan segala potensi dirinya untuk dapat meraih sekian kompetensi sesuai dengan bakat dan minatnya, bukan sebaliknya hanya disuapi oleh guru dengan segala macam pengetahuan dengan indikator :
    penyadap HP
  1. Metode Pembelajaran
  2. Pengelolaan Kelas
  3. Ketrampilan Bertanya
  4. Pelayanan Individual
  5. Sumber Belajar dan Alat Bantu Pembelajaran
  6. Umpan Balik dan Evaluasi
  7. Komunikasi dan Interaksi
  8. Keterlibatan Siswa
  9. Refleksi
  10. Hasil Karya Siswa
  11. Hasil Belajar
Dengan pengajaran kreatif firman Allah dapat disampaikan dan mengubah, namun perubahan yang terjadi belum tentu memuaskan standar dari perubahan yang Allah inginkan bagi peserta didik. Dalam mengajar yang menimbulkan kesenangan, perlu hadirnya kuasa Roh Kudus, sehingga ada "Flow" dalam mempelajari kebenaran Firman Allah. 

Kreatifitas seorang pengajar Alkitab tidak dapat menjamin terjadinya perubahan dari peserta didik tanpa campur tangan Roh Allah yang mengubahkan. Kekuatan dan hikmat Allah memberikan pengayaan dalam pembelajaran dari Allah yang diberikan secara khusus dan unik bagi peserta didik. 

Dengan meningkatkan kreativitas dalam bimbingan Roh Kudus dan hadirnya Roh Kudus yang mengarahkan dan mengiluminasikan dengan kuat kuasa dan hikmatNya maka barulah efektivitas mengajar kreatif Alkitab dapat memuaskan hati Allah.



Sumber : weruah.wordpress.com/2011/03/08/efektifitas-mengajar-kreatif-alkitab/   
Publikasi ~> Tue, 08 Mar 2011 12:31:03 +0000 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."