Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Rabu, 06 November 2013

Arnebeth, Hewan Apakah Itu?


Imamat 11:6 Juga kelinci, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah, haram itu bagimu.
וְאֶת־הָאַרְנֶבֶת כִּי־מַעֲלַת גֵּרָה הִוא וּפַרְסָה לֹא הִפְרִיסָה טְמֵאָה הִוא לָכֶם׃

Kata אַרְנֶ֫בֶת diterjemahkan Kelinci adalah sesuatu yang menarik perhatian pemerhati hewan. Kata tersebut diartikan sebagai kelinci, namun ada perbedaan pengertian tentang kelinci, ada yang mengatakan kelinci sebagai rabbit, Kelinci sebagai hare dan ada yang mengatakan deveratif dari hare.

Arnebeth muncul dua kali dalam seluruh Alkitab. Semua kemunculannya ada di Kitab Imamat. Arnebeth diterjemahkan menjadi kelinci. Dalam Klasifikasi hewan maka kelinci Permasalah utama adalah menempatkan kelinci sebagai hewan memamah biak. Hewan memamah biak adalah (Ordo Artiodactyla atau hewan berkuku genap, terutama dari subordo Ruminantia) adalah sekumpulan hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mencerna makanannya dalam dua langkah: pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi. Lambung hewan-hewan ini tidak hanya memiliki satu ruang (monogastrik) tetapi lebih dari satu ruang (poligastrik, harafiah: berperut banyak). Dalam klasifikasi yang dibuat mencantumkan poligastrik menjadikan kuda sebagai hewan yang tidak memiliki poligastrik .Kuda tidak dimasukan kepada mamahbiak karena tidak poligastrik . Kuda memiliki keunikan khusus yang tidak dimiliki hewan memamahbiak namun dampaknya sama seperti hewan memamahbiak.

Klasifikasi Kelinci.

Kingdom: Animalia
Superphylum: Chordata
Phylum: Vertebrata
Class: Mammalia
Order: Lagomorpha
Family: Leporidae
Klasifikasi Kuda.
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Perissodactyla
Famili: Equidae
Genus: Equus
Spesies: E. caballus

Kuda memiliki ordo yang berbeda dengan mamahbiak. Hewan memamahbiak masuk dalam klasifikasi hewan ordo Artiodactyla

Klasifikasi memamah biak.

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Upaordo: Ruminantia

Memamahbiak dalam dunia hewan tidak memasukkan semua hewan yang melakukan pencernaan dua kali masuk dalam klasifikasi memamah biak termasuk kelinci yang melakukan hal tersebut dua kali. Kelinci adalah hindgut digester. Ini berarti bahwa sebagian besar mereka pencernaan mereka terjadi di usus besar dan sekum . Dalam kelinci sekum adalah sekitar 10 kali lebih besar dari perut dan bersama dengan usus besar membuat naik sekitar 40% dari Teman pencernaan saluran kelinci. [6] The otot unik sekum memungkinkan saluran usus kelinci untuk memisahkan material berserat dari lebih bahan dicerna, bahan berserat dioper sebagai kotoran, sedangkan bahan bergizi lebih terbungkus dalam lapisan mukosa sebagai cecotrope .Cecotropes, kadang-kadang disebut "kotoran malam", tinggi mineral , vitamin dan protein yang diperlukan untuk kelinci kesehatan. Kelinci makan ini untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka, lapisan lendir memungkinkan nutrisi untuk melewati perut asam untuk pencernaan di usus. Proses ini memungkinkan kelinci untuk mengambil nutrisi yang dibutuhkan dari makanan mereka. [7]

Kelinci makhluk yang membinggungkan para ahli hewan. Cara makan mendekati hewan memamah biak dan juga karena kelinci epiglotis bergerak di atas langit-langit lunak kecuali ketika menelan, kelinci adalah nafas hidung obligat . Kelinci memiliki dua set gigi seri, satu di belakang yang lain.Dengan cara ini mereka dapat dibedakan dari tikus , dengan yang mereka sering bingung. [4] Carl Linnaeus awalnya dikelompokkan kelinci dan tikus di bawah kelas Glires , kemudian, mereka dipisahkan sebagaimana pendapat dominan adalah bahwa banyak kesamaan mereka adalah akibat dari evolusi konvergen . , Baru-baru ini dan DNA analisis penemuan yang umum telah nenek moyang mendukung pandangan bahwa mereka berbagi bersama, keturunan dan dengan demikian kelinci dan hewan pengerat Namun sekarang sering disebut bersama sebagai anggota Glires superclass.

 Kelinci adalah telah beberapa kali mengalami pergeseran dalam klasifikasi hewan.


Hal yang menarik dalam Alkitab adalah kelinci adalah hewan Arnebeth yang cenderung dinyatakan sebagai Dari derivasi tidak pasti, dari hewan yang diduga kelinci - kelinci dari "hare"


Dalam keragaman makhluk hidup, menurut Darwin dipengaruhi oleh :

  • a. Keanekaragaman genetik (genetic diversity). Yaitu jumlah total informasi genetik yang terkandung di dalam individu tumbuhan, hewan dan mikroorganisme yang mendiami bumi.
  • b. Keanekaragaman spesies (species diversity). Yaitu Keaneraragaman organisme hidup di bumi (diperkirakan berjumlah 5 – 50 juta), hanya 1,4 juta yang baru dipelajari.
  • c. Keanekaragaman ekosistem (ecosystem diversity). Yaitu Keanekaragaman habitat, komunitas biotik dan proses ekologi di biosfer.
Permasalah utama adalah Arnebeth adalah derivasi tidak pasti, dari hewan yang menyerupai hare (kelinci). Mengapa menjadi masalah hewan Arnebeth yang dicatat Musa selang waktu ribuan tahun yang lalu. Apakah hewan itu telah berevolusi sehingga sekarang tidak dimasukkan ke dalam kelompok hewan memamahbiak, ataukah karena perkembangan ilmu pengetahuan maka ada perubahan klasifikasi hewan, sebagai contoh planet Plato yang dikeluarkan dari sistem tata surya menjadi sabuk kuiper.  

Darwin mengajukan lima teori perihal evolusi:
  1. Bahwa kehidupan tidak tetap sama sejak awal keberadaannya
  2. Kesamaan leluhur bagi semua makhluk hidup
  3. Evolusi bersifat gradual (berangsur-angsur)
  4. Terjadi pertambahan jumlah spesies dan percabangan garis keturunan
  5. Seleksi alam merupakan mekanisme evolusi
Tiori Darwin sulit diterima dalam hilangnya hewan Kelinci yang memamahbiak zaman Musa, sebab kelinci tidak dimasukkan ke dalam hewan memamahbiak. Adakah penjelasan hilangnya hewan-hewan tertentu yang merupakan ciri khas hewan di Israel? Dalam sejarah Israel, Israel sering mengalami kelaparan yang sangat amat. Kelaparan itu membuat apapun menjadi makanan {II Raja-raja 6:29 Oleh karena itu kami masak anak saya lalu kami makan. Keesokan harinya ketika saya minta supaya kami memasak anaknya, ia menyembunyikannya!"} 

Kelaparan yang amat sangat membuat sejumlah hewan khas Irael yang tercantum hilang dari Israel, termasuk Arnebeth yang menyerupai kelinci namun memamahbiak. Hancurnya hewan tersebut bukan karena seleksi alam dan tiori evolusi Darwin tetapi karena ramai-ramai di santap oleh manusia yang kelaparan akibat hukuman Tuhan atas Israel yang melakukan pemberontakan kepada Tuhan. Banyak aneka kemungkinan lenyapnya kelinci khas Israel yang memamahbiak dan keberadaan Arnebeth yang dimaksudkan Musa adalah sesuatu yang tidak dapat dipastikan. Arnebeth hidup zaman Musa, sehingga apakah benar merupakan Dari derivasi tidak pasti dari hare (kelinci) ataukah hare adalah derivasi dari arnebeth? Menjaga plama nuftah dan keragaman hayati adalah sesuatu sesuatu panggilan budaya bagi manusia agar generasi mendatang masih melihat keragaman dari ciptaan Tuhan. Lihat juga http://weruah.wordpress.com/2009/08/15/revolusi-dalam-evolusi-darwin/ 


Sumber: weruah.wordpress.com/2011/02/25/arnebeth-hewan-apakah-itu//
Publikasi: Fri, 25 Feb 2011 02:48:09 +0000


Catatan tambahan:

  Arnebeth adalah derivasi tidak pasti, dari hewan yang menyerupai hare (kelinci). Terjemahan  "memamah biak" berasal dari kata "MA'ALAT GERAH" (מַעֲלַת גֵּרָה), sbb: (MA'ALAT = membawa ke atas; GERAH adalah nomina dari verba yang berarti memutar, mengggergaji, menangkap dengan pukat) adalah "memamah" saja yaitu mengunyah makanan dengan senantiasa menggerakkan rahang.
Kelinci memiliki cara yang sama seperti lembu dalam mengunyah makanan, hanya saja lembu memamah dua kali.Secara pengertian leksikal adalah Arnebeth memakan dengan senantiasa mengerakan rahang sehingga penguraian itu bukan dimaksudkan sebagai pembatasan yang bersifat ilmiah, melainkan penguraian sederhana dan praktis, soal tentang bagaimana cara makan hewan tersebut dan hewan itu telah musnah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."