Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Sabtu, 29 Maret 2014

Iluminasi

Pengantar.
Iluminasi adalah salah satu bentuk kata dari sejumlah kata yang memiliki pengerti yang beraneka ragam. Sebelum memperhatikan kata Iluminasi sebaiknya kita memperhatikan kata asimilasi terlebih dahulu, karena kata tersebut populer.
  1. Asimilasi dalam bidang sosial dapat berarti penyesuaian sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sifat-sifat lingkungan sekitar.
  2. Asimilasi secara linguistik (bahasa) berati perubahan bunyi konsonan akibat pengaruh konsonan yang berdekatan.
  3. Asimilasi secara botani berarti pengolahan zat pada tumbuhan yang memiliki hijau daun dengan pertolongan sinar matahari.
(c) Sumber Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Asimilasi juga dapat berarti :
  1. Dalam kontek teologi dapat berarti juga kontektualisasi.
  2. Dalam pernikahan dapat berarti perkawinan antar suku atau ras. dll
Istilah kata tidak hanya dimonopoli satu disiplin ilmu. Setiap disiplin ilmu dapat memberikan arti terhadap suatu istilah dan ini akan menyebabkan tidak mungkin ahli bahasa mendapatkan semua istilah dalam setiap disiplin ilmu.

Perkembangan aneka disiplin ilmu berlangsung cepat dan memerlukan suatu "form" yang menjelaskan arti.

Kata Iluminasi adalah suatu kata yang banyak sekali diambil oleh aneka disiplin ilmu. Contoh :
  1. Kodikologi (ilmu naskah kuno) memberikan arti iluminasi adalah surat-surat yang bergambar yang memiliki arti penting.
  2. Iluminasi dalam menulis kreatif berarti ketika datangnya insipirasi atau insight, yaitu gagasan datang seakan akan tiba-tiba dan berloncatan dari pikiran kita.
  3. Arsitektur memberikan arti iluminasi sebagai datangnya cahaya ke suatu objek dalam suatu bangunan.
  4. Ilmu Fisika dengan spesialis cahaya memberikan arti penerangan dengan sinar matahari dan atau dengan sinar buatan.
  5. Iluminasi juga dapat diartikan sebaagai tahap awal jalinan hubungan yang menjadi medium antara dunia materi dan imateri yang menganugerahkan pengalaman yang visioner.
Setiap disiplin ilmu berhak memberikan arti masing-masing terhadap suatu istilah. Bahkan dalam menulis kreatif, iluminasi lebih berharga dari ilham sebab ilham berkonotasi tidak datang dari kevakuman tetapi dari usaha dan ada masukan sebelumnya terhadap referensi kognitif seseorang.  

Iluminasi dalam Kristen. Iluminasi menurut R.C. Sproul adalah :
  1. Iluminasi berbicara tentang pertolongan Roh Kudus di dalam membantu kita untuk mengeri dan mengaplikasikan Firman Tuhan.
  2. Iluminasi tidak sama dengan Wahyu, sebab bahwa diberikan kepada penulis kitan suci sedangkan ke pembaca dinamakan iluminasi, namun pada waktu Alkitab sedang dituliskan tidak terlalu berbeda tajam seperti definisi sekarang. Iluminasi tidak memberikan informasi baru atau wahyu baru yang tidak terdapat dalam Alkitab.
Paul - Jerome Murphy menyatakan ilmuninasi adalah orang yang hatinya diberikan pencerahan dan diberikan kepada orang yang percaya sehingga memahami makna dari satu peristiwa atau permasalahan di dalam kehidupan ini. Iluminasi adalah kekuatan dan hikmat yang diberikan Allah kepada kita oleh Roh Allah sehingga :
  1. Menyelidiki segala sesuatu yang tersembunyi dari Allah.
  2. Mengetahui apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.
  3. Menafsirkan hal-hal rohani
  4. Berkata-kata tentang karunia Allah.
  5. Segala sesuatu yang tidak dapat dinilai - di duga
  6. Memiliki pikiran Kristus
Dengan iluminasi kita mengenal dan mendapatkan visi. Dengan iluminasi mendorong kita dalam penyelidikan akan Firman Tuhan. Iluminasi pekerjaan Roh Allah dan akan menuntun suatu studi terhadap Alkitab. Penulis kitab mendapat karunia Wahyu dan mampu menafsirkan hal-hal rohani. Hal-hal menafsirkan sesuatu yang rohani didapat  karena iluminasi Roh Allah.

Catatan : Pengerti ilham pun beraneka ragam.


Sumber://weruah.wordpress.com/2010/03/18/iluminasi/ Thu, 18 Mar 2010 01:34:48 +0000  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."