Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Rabu, 15 Mei 2013

Hari Valentine

Hari Valentine sering dicampur dan identikkan dengan hari Lupercalia meskipun hari Valentine sesungguhnya berbeda dan dirayakan pada tanggal yang berbeda, Valentine pada tanggal 14 Febuari sedangkan Lupercalia pada tanggal 15 Febuari. Hari Valentine lahir dari sejarah Katolik sedangkan hari Lupercalia hadir dari tradisi bangsa Romawi Kuno.

Ensiklopedia Katolik menyebutkan tiga versi tentang siapakah Valentine?. Versi itu adalah Valentinus yang merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda:

  • seorang pastur di Roma
  • seorang uskup Interamna (modern Terni)
  • seorang martir di provinsi Romawi Africa.
Valentine dari Roma  adalah seorang imam di Roma yang menjadi martir sekitar tahun 269 dan dimakamkan di Via Flaminia .Tengkorak dinobatkan bunga  St Valentine yang dipamerkan di Basilika Santa Maria di Cosmedin , Roma. Peninggalan lain ditemukan di Basilika Santa Prassede , juga di Roma, serta di Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia.
Valentine dari Terni menjadi uskup Interamna (modern Terni ) sekitar tahun 197 dan dikatakan telah menjadi martir selama penganiayaan di bawah Kaisar Aurelian . Ia juga dimakamkan di Via Flaminia, tetapi di lokasi yang berbeda dari Valentine dari Roma. Relik-Nya berada di Basilika Santo Valentine di Terni (Basilica di San Valentino).
The Catholic Encyclopedia juga berbicara tentang orang suci ketiga bernama Valentine yang disebutkan pada awal martyrologies bawah tanggal 14 Februari. Dia menjadi martir di Afrika dengan sejumlah sahabat, tapi tidak ada lagi yang diketahui tentang dirinya.

Kisah sejarah yang terkenal menyangkut Valentine adalah :
  • Kisah pertama, Kaisar Claudius II memerintahkan menangkap dan memenjarakan St. Valentine karena pemberitaan dan kesaksian bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan menolak menyembah tuhan-tuhan orang Romawi.
  • Versi kedua menceritakan bahwa Kaisar Claudius II menganggap tentara muda bujangan lebih tabah dan kuat dalam medan peperangan dari pada orang yang menikah. Kaisar lalu melarang para pemuda untuk menikah, namun St.Valentine melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga iapun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M (lihat: The World Book Encyclopedia, 1998). Kebiasaan mengirim kartu Valentine itu sendiri tidak ada kaitan langsung dengan St. Valentine. Pada 1415 M ketika the Duke of Orleans dipenjara di Tower of London, pada perayaan hari gereja mengenang St.Valentine 14 Februari, ia mengirim puisi kepada istrinya di Perancis. Kemudian Geoffrey Chaucer, penyair Inggris mengkaitkannya dengan musim kawin burung dalam puisinya (lihat: The Encyclopedia Britannica, Vol.12 hal.242 , The World Book Encyclopedia, 1998).
Valentine pada awalnya dititik beratkan kepada  pengorbanan sebagai wujud kasih sayang bukan cinta romantis karena adanya pergeseran di abad pertengah yang dipengaruhi Geoffrey Chaucer yang dikenal juga sebagai Bapak sastra Inggeris yang hidup dari tahun 1343 hingga 25 October 1400 . Geoffrey Chaucer menulis hubungan cinta yang romatis di hari Valentine yakni "Chaucer's love birds" dengan asumsi  diasumsikan bahwa "Chaucer" mengacu pada 14 Februari sebagai Hari Valentine, namun pertengahan Februari adalah waktu yang tidak mungkin bagi burung untuk kawin di Inggris .

Henry Ansgar Kelly telah menunjukkan bahwa Chaucer bisa mengacu kepada 2 Mei perayaan dalam kalender liturgi Valentine dari Genoa, sebuah awal Uskup Genoa yang meninggal sekitar tahun 307. Tulisan ini merangsang sastrawan untuk membuat kisah yang tidak kalah menarik, antara lain :  Otton de Cucu dari Savoy, John Gower dari Inggris , dan seorang ksatria yang disebut Pardo dari Valencia. 

Chaucer kemungkinan besar mendahului mereka semua, tetapi, karena sulitnya kencan karya abad pertengahan, kita tidak bisa tahu pasti siapa dari empat memiliki ide pertama dan mempengaruhi orang lain.

Lupercalia adalah seorang yang sangat kuno mungkin pra- Romawi  festival pastoral, diamati pada tanggal 13 sampai 15 untuk mencegah roh jahat dan menyucikan kota, melepaskan kesehatan dan kesuburan. Lupercalia dimasukkan Februa , yang lebih awal asal musim semi pembersihan ritual yang diselenggarakan pada tanggal yang sama, yang memberikan bulan Februari namanya. Festival Lupercalia sebagian untuk menghormati Lupa , serigala betina yang menyusui anak yatim bayi, Romulus dan Remus , pendiri Roma, menjelaskan nama festival, Lupercalia, atau "Festival Wolf." Festival ini dirayakan di dekat gua Lupercal di Palatine Hill (bukit pusat di mana Roma secara tradisional didirikan  ), untuk menebus dan menyucikan kehidupan baru di musim semi . 

Sebuah festival Lupercalia diketahui dari 44 SM membuktikan kelangsungan festival tapi gua Lupercal mungkin telah jatuh ke dalam rusak, dan kemudian dibangun kembali oleh Augustus . Telah diidentifikasi sementara dengan gua ditemukan pada tahun 2007, 50 kaki (15 m) di bawah sisa-sisa istana Augustus. Ritual diarahkan oleh Luperci, yang "saudara serigala (lupus)", sebuah perusahaan dari sacerdotes (imam) dari Faunus , hanya mengenakan kulit kambing, yang lembaga tersebut diberikan baik kepada Evander Arcadian, atau ke Romulus dan Remus . 

Para Luperci dibagi menjadi dua collegia, yang disebut Quinctiliani (atau Quinctiale s) dan Fabiani, dari gens Quinctilia (atau Quinctia) dan gens Fabia ; di kepala masing-masing perguruan tinggi ini adalah sebuah magister. 

Pada 44 SM, sebuah perguruan tinggi ketiga, Julii, dilembagakan untuk menghormati Julius Caesar , yang magister pertama yang Mark Antony . Pada zaman kekaisaran anggota biasanya dari berkuda berdiri. Festival ini dimulai dengan pengorbanan oleh Luperci (atau dialis flamen ) dari dua ekor kambing jantan dan seekor anjing.  Berikutnya ningrat dua Luperci muda menyebabkan altar, menjadi diurapi di dahi mereka dengan darah korban, yang dihapus dari pisau berdarah dengan wol direndam dalam susu , setelah itu mereka diharapkan untuk tersenyum dan tertawa. Pesta kurban diikuti, setelah itu potong tali Luperci dari kulit korban, yang disebut februa, berpakaian sendiri di kulit kambing dikorbankan, meniru Lupercus, dan berlari sepanjang dinding kota Palatine tua, garis yang ditandai dengan batu, dengan tali di tangan mereka dalam dua band, menyerang orang-orang yang ramai dekat. Gadis remaja dan wanita muda akan berbaris pada rute mereka untuk menerima cambukan dari cambuk ini. Ini dimaksudkan untuk memastikan kesuburan, mencegah kemandulan pada wanita dan meringankan sakit bersalin. Sangat jelas peristiwa Valentine berbeda dengan Luperci. 

Valentine yang awal mulanya ditujukan untuk mengigat "pengorbanan" karena mengasihi Tuhan dan sesama telah menjadi kisah cinta romantis. Perubahan makna dalam hari Valentine berlanjut dengan ditandai sejumlah peristiwa, antara lain :
  • Pada 1797, penerbit Inggris mengeluarkan The Man Young Writer Valentine, yang berisi sejumlah ayat sentimental disarankan untuk kekasih muda tidak dapat menggunakan sendiri. Printer sudah mulai memproduksi sejumlah kartu dengan ayat-ayat dan sketsa, yang disebut "valentine mekanik," dan Penurunan tarif pos pada abad berikutnya diantar dalam praktek kurang pribadi tetapi lebih mudah dari mailing Kasih Sayang. Itu, pada gilirannya, memungkinkan untuk pertama kalinya untuk bertukar kartu anonim, yang diambil sebagai alasan untuk munculnya tiba-tiba ayat cabul di era dinyatakan prudishly Victoria . Kertas Kasih Sayang menjadi begitu populer di Inggris pada awal abad ke 19 bahwa mereka dirakit di pabrik. Valentines Fancy dibuat dengan renda nyata dan pita, renda kertas diperkenalkan pada pertengahan abad ke-19.  Para penciptaan kembali Hari Santo Valentine di tahun 1840-an telah dilacak oleh Leigh Eric Schmidt.  Sebagai penulis di Graham Amerika Bulanan diamati pada 1849, "Hari Saint Valentine ... menjadi, bahkan telah menjadi, sebuah holyday nasional."  Di Amerika Serikat, yang pertama diproduksi secara massal valentine renda kertas timbul diproduksi dan dijual tak lama setelah 1847 oleh Esther Howland (1828-1904) dari Worcester, Massachusetts
  • . Dalam Hari Spanyol Valentine dikenal sebagai " San Valentín "dan dirayakan dengan cara yang sama seperti di Inggris, meskipun di Catalonia itu sebagian besar digantikan oleh perayaan serupa mawar dan / atau buku memberikan pada La Diada de Sant Jordi (Hari Saint George) . Di Portugal itu lebih sering disebut sebagai "Dia dos Namorados" (Hari Lover 's / Hari dari mereka yang sedang jatuh cinta dengan satu sama lain).
  • Dalam Hari Valentine Finlandia disebut Ystävänpäivä yang diterjemahkan ke "hari Teman". Seperti namanya menunjukkan, hari ini lebih tentang mengingat semua teman Anda, tidak hanya orang yang Anda cintai. Dalam Estonia Hari Valentine disebut Sõbrapäev, yang memiliki arti yang sama.Di Slovenia , St Valentine atau Zdravko adalah salah satu dari orang-orang kudus musim semi, santo kesehatan yang baik dan pelindung peternak lebah dan peziarah.  Sebuah pepatah mengatakan bahwa "St Valentine membawa kunci-kunci akar". Tanaman dan bunga mulai tumbuh pada hari ini. Telah diperingati sebagai hari ketika kerja pertama di kebun anggur dan di ladang dimulai. Hal ini juga mengatakan bahwa burung mengusulkan satu sama lain atau menikah pada hari itu. Pepatah lain mengatakan "Valentin - prvi spomladin" ("Valentine - mata air suci pertama"), seperti di beberapa tempat (terutama Putih Carniola ), Santo Valentine menandai awal musim semi.  Hari Valentine hanya baru-baru ini diperingati sebagai hari kasih sayang. Hari kasih sayang secara tradisional 12 Maret itu Gregory Saint hari itu, atau 22 Februari Hari Saint Vincent . Pelindung cinta adalah Santo Antonius , yang hari telah dirayakan pada 13 Juni. Di Rumania , hari libur tradisional untuk pecinta adalah Dragobete , yang dirayakan pada 24 Februari. Hal ini dinamai karakter dari cerita rakyat Rumania yang seharusnya menjadi putra Baba Dochia . Bagian dari namanya drag kata ("Sayang"), yang juga dapat ditemukan di dragoste kata ("cinta"). Dalam beberapa tahun terakhir, Rumania juga mulai merayakan Hari Valentine, meskipun sudah memiliki Dragobete sebagai hari libur tradisional. Ini telah menarik reaksi dari beberapa kelompok, lembaga  dan organisasi nasionalis seperti Noua Dreaptǎ , yang mengutuk hari Valentine karena dangkal, commercialist dan Barat impor kitsch . Dalam Lithuania dan Latvia , itu adalah umum bagi orang untuk menempatkan stiker di wajah dan pakaian dari teman atau saudara. Liburan ini pertama kali dirayakan setelah kedua negara memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1990. Hari Valentine disebut Ημέρα του Αγίου Βαλεντίνου di Yunani dan Siprus , yang diterjemahkan menjadi "hari Kasih Sayang St". Dalam gereja Ortodoks ada lagi Saint untuk melindungi orang yang sedang jatuh cinta, tapi untuk orang Yunani Hari Valentine lebih populer. Dst .... dimana setiap lokasi / tempat memberikan pemaknaan sehingga makin beragam pengertian Valentine.
Valentine yang sejati adalah mengigatkan pengobanan karena mengasihi dan komitmen terhadap yang dikasihi melampaui nyawa telah berubah menjadi kisah romantis yang penuh dengan aspek komersial yang menarik perhatian pelakukan bisnis memanfaatkan momentum hari Valentine sehingga pada tahun 1969 hari Valentine di hapus dari kalender Gereja katolik Roma meski demikian perayaan Valentine terus berjalan dan semakin bervariasi dalam memaknai hari Valentine. Kasih sejati bukan diisi hanya dengan romatika sebab Yesus mengajarkan dalam Kitan Injil Yohanes
  • 15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.
  • 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya
Kasih adalah pengorbanan. Iman kepada Kristus membuahkan kasih yang sedia untuk-Nya.


Sumber: http://weruah.wordpress.com/2012/02/15/hari-valentine/ 
Tue, 14 Feb 2012 19:57:11 +0000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."