Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Rabu, 15 Mei 2013

Pandangan Bra dan Payudara dalam Etika


Kejadian 49:25 oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan.// nga Perëndia e atit tënd që do të të ndihmojë dhe nga Shumë i Larti që do të të bekojë me bekimet e qiellit nga lart, me bekimet e humnerës që ndodhet poshtë, me bekimet e sisëve dhe gjirit të nënës.
מֵאֵל אָבִיךָ וְיַעְזְרֶךָּ וְאֵת שַׁדַּי וִיבָרְכֶךָּ בִּרְכֹת שָׁמַיִם מֵעָל בִּרְכֹת תְּהֹום רֹבֶצֶת תָּחַת בִּרְכֹת שָׁדַיִם וָרָחַם׃

Teks di atas adalah berkat kepada Yusuf, anak Yakub. Yusuf menerima berkat dari שַׁדַּי֙ yakni Allah Elshadai (Shaddai) yakni Allah Yakub berupa berkat dari atas dan berkat dari samudra raya sebagai konotasi kekayaan dapat diperoleh dari laut atau sungai, dari tambang dan mineral dalam perut bumi, dan dari mata air yang melimpah di berbagai bagian warisannya, dan berkat dari buah dada dan rahim dari istrinya. 

Yakub memandang berkat buah dada dan rahim dari pernikahan dengan istrinya sesuatu yang sangat berharga dan patut disyukuri yang memiliki kesejajaran dengan berkat lainnya yaitu "Berkat langit di atas" - udara, hujan, dan matahari. "Berkah dari dalam" - mata air dan sungai, serta tanah yang subur. "Berkat payudara dan rahim" - anak-anak dari rumah dan muda dari kambing domba dan lembu sapi.

Clarke Commentary on The Bible memberi penjelasan bahwa, berkat-berkat dari payudara dan rahim - adalah keturunan banyak, dan berlimpahnya ternak. Keturunan Yusuf, dengan Efraim dan Manasye, sebesar pada sensus pertama atau pencacahan ( Nomor 1 ). untuk 75.900 laki-laki, yang melebihi jumlah dari setiap suku satu; Yehuda, yang terbesar dari yang lain, sebesar tidak lebih dari 74.600. Memang, Efraim dan Manasye telah bertambah begitu sangat pada zaman Yosua.

Dari tinjauan biologi,
Payudara adalah bagian atas ventral wilayah batang tubuh dari primata , di sisi kiri dan kanan, yang pada betina berisi kelenjar susu yang mengeluarkan susu digunakan untuk memberi makan bayi . Laki-laki dan perempuan mengembangkan payudara dari yang sama embriologis jaringan. Namun, pada pubertas , perempuan hormon seks , terutama estrogen , mempromosikan perkembangan payudara, yang tidak terjadi pada pria, karena jumlah yang lebih tinggi dari testosteron . Akibatnya, payudara wanita menjadi jauh lebih menonjol daripada pria. 

 Payudara adalah kelenjar apokrin yang menghasilkan susu untuk memberi makan anak bayi; dimana puting payudara ini berpusat di (dikelilingi) sebuah areola (puting-areola kompleks, NAC), warna kulit yang bervariasi dari pink ke gelap cokelat, dan memiliki banyak kelenjar sebasea . Unit dasar payudara adalah terminal unit lobular saluran (TDLUs), yang menghasilkan ASI lemak. Mereka memberikan payudara keturunan menyusui yang berfungsi sebagai kelenjar susu . Mereka didistribusikan ke seluruh tubuh payudara, sekitar dua pertiga dari jaringan laktiferus berada dalam 30-mm dari dasar puting. Para terminal laktiferus saluran mengalirkan susu dari TDLUs ke 4-18 duktus laktiferus, yang mengalir ke puting; rasio susu kelenjar-ke-lemak adalah 2:1 dalam menyusui perempuan, dan 1:1 pada wanita non-menyusui . 

Selain kelenjar susu, payudara juga terdiri dari jaringan ikat ( kolagen , elastin ), lemak putih , dan suspensori ligamen Cooper . Sensasi pada payudara ini disediakan oleh persarafan sistem saraf perifer , melalui bagian depan (anterior) dan samping (lateral) cabang kutaneus dari keempat, kelima, dan keenam saraf interkostal , sedangkan saraf T-4 ( saraf tulang belakang toraks 4 ), yang innervates dengan daerah dermatomic , memasok sensasi ke puting-areola kompleks. 

Fungsi utama payudara - sebagai kelenjar susu - adalah makan dan bergizi dari anak bayi dengan ASI selama ibu menyusui periode. Bentuk bulat payudara membantu untuk membatasi hilangnya panas tubuh ibu, karena produksi ASI tergantung pada lingkungan yang lebih tinggi-suhu untuk fungsi, tepat susu produksi dari jaringan kelenjar susu, yang duktus laktiferus . 

Desmond Morris mengusulkan bahwa bentuk bulat payudara wanita berkembang sebagai frontal, karakteristik seks sekunder yang merupakan mitra seksual-tarik ke pantat , dan sebagainya mendorong kopulasi frontal, alasannya karena bahwa sementara primata lain pasangan dengan cara belakang masuk posisi, wujud, tegak bipedal manusia adalah lebih mungkin untuk berhasil bersanggama tatap muka dalam posisi misionaris .

Tinjauan sudut etolog , Morris lebih lanjut diusulkan bahwa payudara, karakteristik seks sekunder yang terletak di dada wanita, didorong tatap muka hubungan seksual yang mengarah pada pembentukan ikatan emosional antara pria dan wanita; kemajuan sosial dari fungsi dasarnya prokreasi dari biologi manusia.  Selanjutnya, simetri bentuk payudara, dan simetri umum dari tubuh manusia, mempengaruhi apa yang pria dan wanita menganggap daya tarik fisik pada pasangan dengan siapa untuk bereproduksi. 

Tubuh kecantikan , psikologi evolusioner mengusulkan bahwa tubuh simetris sinyal kesehatan genetik untuk calon pasangan dan begitu juga produk dari morfologi garis stabil orang yang secara fisik dikembangkan tanpa gangguan oleh penyakit. Oleh karena itu, karena payudara sangat sensitif terhadap gangguan perkembangan (genetik dan lingkungan), simetri payudara menunjukkan seorang wanita kesehatan yang baik dan dengan demikian saham pembibitan yang baik, yang berhasil akan menanggung lebih (bertahan hidup) anak-anak daripada akan seorang wanita dengan payudara asimetris. 

Berdasarkan pendapat Desmond Morris, fungsi lain dari payudara adalah membentuk ikatan emosional suami-isteri, salah satu faktor kecantikan wanita dan sebagai sinyal kesehatan disamping sebagai memproduksi ASI untuk tumbuh kembang anak. 

Mengigat fungsi yang vital dari payudara, dan menurut Yakub sebagai salah satu tanda diberkati TUHAN, maka payudara perlu dijaga dan diperhatikan agar berfungsi sesuai dengan fungsionalnya.  Untuk menjaga payudara, hadir produk hasil budaya manusia yaitu bra. 

Vemale.com  mencatat setiap hari wanita selalu menggunakan bra demi kenyamanan dan perlindungan bagian tubuh Anda. Mengikuti tren para pemakainya, produsen akhirnya membuat berbagai macam bra berdasarkan bentuk, kegunaan, ukuran, motif dan bahan. Saking banyaknya pilihan bra yang ada di pasaran, Anda kerap dibingungkan karena terlalu banyak pilihan. 

Vemale.com menberikan masukkan agar mengenakan bra yang sesuai dengan keperluan dan situasinya. Sarannya adalah :
  • Sports Bra, Bra ini khusus diciptakan untuk menemani Anda berolahraga. Tujuannya adalah supaya bagian tubuh Anda terlindungi (terutama payudara), dari cedera dan benturan keras akibat aksi fisik yang Anda lakukan saat berolahraga. Payudara Anda dibuat tetap nyaman dan terkendali sekalipun Anda melompat atau berlari. Untuk menghindari cedera memang sebaiknya Anda menggunakan bra jenis ini.
  • Nursing Bra,  bra khusus bagi para ibu yang menyusui ini dibuat. Ada berbagai macam model dari yang klasik sampai yang bermotif lucu. Sebaiknya memang Anda menggunakan bra ini, demi kenyamanan Anda dan tentunya bayi Anda yang sangat Anda sayangi.
  • Maternity Bra. Bra yang dirancang saat hamil, payudara cenderung lebih besar dari biasanya. Ini terjadi karena hormon yang ada di dalam tubuh Anda memproduksi ASI yang nanti akan menjadi minuman eksklusif yang dibutuhkan untuk si dia berkembang. Bra ini juga membantu Anda agar dapat bernafas lebih lega karena pada umumnya bra lama akan membuat Anda merasa sesak.
  • Mastectomy Bra. Bra ini dilengkapi silikon yang terdapat di dalam cup bra. Fungsinya adalah membuat payudara agar kelihatan seimbang. Beberapa orang setelah melakukan operasi payudara memanfaatkan bra ini untuk memberi tampilan payudara alami. Teknologi Bra sebenarnya memadai untuk merekayasa agar terlihat menarik, sehingga tidak perlu operasi plastik payudara yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.
  • Full Figures Bra.Bra ini khusus diciptakan untuk Anda yang memiliki ukuran payudara ekstra. Sungguh tak nyaman menggunakan bra yang terlalu kecil, sehingga bra ini akan membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri. Cupnya secara maksimal melindungi semua payudara Anda dan menopangnya dengan baik.
  • Bridal Bra. Pernikahan sangatlah penting bagi setiap wanita, untuk itu di balik balutan gaun pengantin, bra khusus harus digunakan demi menyempurnakan tampilan. Tujuannya adalah supaya saat dibalut gaun, Anda akan bebas bergerak. Bentuknya yang pada umumnya strapples mempermanis tampilan agar senada dengan gaun yang dikenakan.
Mengunakan bra dipengaruhi oleh budaya lokal, namun bagi masyarakat yang mengenal bra selayaknya mengunakan sesuai kebutuhan dan aturan pakai. Dalam pendekatan budaya, pemakaian bra dan payudara adalah :
  • Banyak kebudayaan mengasosiasikan payudara dengan seksualitas dan cenderung menganggap payudara telanjang sebagai tidak sopan atau tidak senonoh . Dalam beberapa budaya dunia ketiga, seperti Himba di bagian utara Namibia , bertelanjang dada wanita adalah norma sosial, sementara paha seorang wanita yang terkena sangat "sexualised" dan tidak pernah diekspos di publik.
  • Dalam beberapa masyarakat Barat negara perempuan toplessness di pantai dapat diterima, meskipun mungkin tidak diterima di pusat kota. Di beberapa daerah, memperlihatkan payudara wanita hanya berlaku untuk pemaparan dari puting .
  • Di Amerika Serikat, wanita yang menyusui di depan umum dapat menerima perhatian negatif.
  • Bertelanjang dada wanita adalah sah dan diterima secara budaya di pantai publik di Australia dan sebagian besar Eropa.
Tugas para hamba Tuhan Kristen untuk menyadari dan ikut memperhatikan hal bra dan kebudayaan, dan atau petugas misi di suku pedalaman untuk mengajarkan kesehatan, termasuk dalam urusan pengenaan bra yang memiliki fungsi kesehatan dan menjadikan tubuh sebagai baik Allah yang kudus. Meski mereka yang terbiasa telanjang dada karena sistem budaya, pikirannya tidak kotor melihat hal seperti itu.... namun bila mengenakan berdampak kepada kesehatan.

Alkitab mencatat bahwa payudara adalah berkat bagi laki-laki yang Tuhan cintai, seperti yang diterima Yusuf  karena itu sepantasnya payudara diperlakukan dengan benar dengan mengenakan bra sesuai dengan kebutuhan dan situasi serta cara pemakaian yang benar.

Bra adalah pakaian untuk wanita. Hal itu diatur oleh Tuhan melalui Musa.  (Ulangan 22:5 "Seorang perempuan janganlah memakai pakaian laki-laki dan seorang laki-laki janganlah mengenakan pakaian perempuan, sebab setiap orang yang melakukan hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.)

Mengigat pesan Tuhan melalui Musa maka laki-laki tidak diizinkan mengenakan bra meski dalam kasus tertentu menjadi trend mode seperti yang dilakukan Andrej Pejic, model Australia kelahiran Serbia.  Andrej Pejic mengenakan push-up braSekalipun disebut ide brilian, Musa sudah ribuan tahun yang lampau memberi peringatan tentang hal ini. Ini dapat menjadikan "kekejian bagi TUHAN".

Dalam mengenakan bra, ada waktunya untuk dilepas yakni waktu tidur. Tentu saja dalam kamar yang tertutup (tidur sendirian), bila telah menikah maka perlu kerjasama suami agar dapat mengerti bahwa hal itu tidak semata-mata hanya untuk urusan keintiman semata-mata meski hal itu menbangkitkan hasrat hubungan suami-isteri. Penguasaan diri suami sangat dibutuhkan demi kesehatan isteri.  

Jennifer Hunt  & Baritchi menyatakan bahwa tidur tanpa bra memberikan manfaat, yaitu Melepaskan oksitosin, Hormon oksitosin dilepaskan ketika terjadi kontak kulit dengan kulit. Ketika kulit bersentuhan dari kepala hingga kaki sepanjang malam, Anda akan mendapatkan arus hormon yang bermanfaat. Beberapa manfaat oksitosin, antara lain, meningkatkan rasa sejahtera, menurunkan detak jantung, mengurangi hormon stres, meningkatkan rasa percaya diri. (lihat buku The Best Sex of Your Life)

Tuhan menjadikan segala sesuatu baik, dan kita harus memelihara dan menjaganya.



Sumber : weruah.wordpress.com/2012/03/22/padangan-bra-dan-payudara-dalam-etika/ 
Publikasi perdana ~> Thu, 22 Mar 2012 14:34:43 +0000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."