Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Rabu, 12 September 2012

Tuhan Itu Panjang Sabar


Mazmur 103:8 ~ TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.
רַחוּם וְחַנּוּן יְהוָה אֶרֶךְ אַפַּיִם וְרַב־חָסֶד׃

Teks di atas adalah pengakuan Daud yang menjadi penyebab mengapa Dia memuji Tuhan dengan segenap batinnya. Allah yang  panjang sabar yang sabarnya melampaui kemampuan Daud bersabar. Daud dapat sabar menantikan janji Tuhan puluhan tahun sehingga janji Tuhan untuk menjadikan Daud jadi raja. Daud yang dijanjikan menduduki tahta kerajaan Israel mendapatkan kenyataan bahwa Saul berusaha keras untuk membunuh Daud dan kemudian mengejar Daud untuk dibunuh.  itu tidak ada dapat dibandingkan dengan kesabaran Tuhan terhadap Daud dan terhadap anak-anak manusia yang ada di bumi ini. Daud yang memiliki kesempatan untuk mengalahkan Saul dengan tangannya sendiri, tidak ia lakukan melainkan menyerahkan permasalahan itu kepada Tuhan agar semuanya diselesaikan oleh Tuhan sendiri. Kemampuan bersabar Daud tidak dapat dilepaskan dari keyakinan yang kuat bahwa janji Tuhan dapat dipercaya sekalipun harus menantinya dengan cara, waktu Tuhan. (Amsal 16:32 ~ Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota)

Panjang sabar adalah terjemahan dari אֶרֶךְ אַפַּיִם yang memiliki pengertian lambat untuk marah. Lambat untuk marah - Artinya, bahwa manusia memiliki kecendrungan senantiasa melakukan yang membangkitkan murka Allah. ( Kejadian 8:21 ~ Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.) Tuhan lambat marah namun bila manusia diberikan kesempatan bertobat tetap saja menolak maka hukuman Allah, yaitu murka Allah terpaksa dijatuhkan seperti kepada orang di Sodom dan Gomora dan juga orang-orang zaman Nuh karena Allah itu kudus dan adil.

Lambat untuk marah identik dengan "kesabaran", bahkan untuk orang-orang jahat,  kepada siapa ia memberikan ruang untuk bertobat, yang kesabaran sering dilecehkan dan dihina, adalah kejengkelan kecaman: melainkan sini bermaksud kesabaran Allah kepada umat-Nya, seperti sebelum konversi, menunggu sampai saatnya tiba bahwa ia murah hati kepada mereka, dan setelah konversi, kesabaran ini adalah bagian dari rencana keselamatan Allah bagi manusia yang melakukan sesuatu yang membangkitkan api murka Allah. ( 2 Petrus 3:9 ~ Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.) Contoh : Paulus yang menganiaya jemaat mula-mula bahkan menbawa surat perintah dari mahkamah agama majelis-majelis agama Yahudi untuk menangkap seluruh umat yang percaya Yesus adalah Mesias mendapatkan kesempatan untuk mengenal-Nya yang menuntun kepada pertobatan.

Lambat marah yang identik dengan panjang sabar dijelaskan dalam Alkitab antara lain :
  • Nehemia 9:17 ~ Mereka menolak untuk patuh dan tidak mengingat perbuatan-perbuatan yang ajaib yang telah Kaubuat di antara mereka. Mereka bersitegang leher malah berkeras kepala untuk kembali ke perbudakan di Mesir. Tetapi Engkaulah Allah yang sudi mengampuni, yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Engkau tidak meninggalkan mereka.
  • Yoel 2:13 ~  Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya
  • Nahum 1:3 ~ TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.
  • Roma 2:4 ~ Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?
 TUHAN menyadari keadaan manusia sebagai faktor hadirnya  kesabaran-Nya dilimpahkan sekalipun manusia itu melawan, menghujat Allah. { Mazmur103:14-16 ~ (14) Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu. (15) Adapun manusia, hari-harinya seperti rumput, seperti bunga di padang demikianlah ia berbunga; (16) apabila angin melintasinya, maka tidak ada lagi ia, dan tempatnya tidak mengenalnya lagi.} Dalam kesabaran-Nya, Dia menghendaki manusia percayai-Nya dan bertobat kepada-Nya namun dalam keadilan-Nya tidak membebaskan hukuman orang yang bersalah. Dia yang Maha Kasih memberikan jalan keluar dimana TUHAN yang panjang sabar dan mengampuni semua yang percaya dan bertobat menjadi Penebus bagi mereka yang berbalik kepada-Nya dalam waktu kesabaran-Nya yang dikaruniakan kepada manusia.

Allah yang panjang sabar menghendaki kita mengikuti jejak-Nya dengan bersabar saat hadapi permasalahan yang hanya dapat dilalui dengan mulus jika kita percaya bahwa TUHAN setia dan memberikan yang terbaik serta sempurna segala jalan-Nya yang sehingga segala sesuatu menjadi indah pada waktunya, seperti Daud telah alami hal demikian.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."