Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Bekerja Tidak Mencuri



Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.  (Efesus 4:28) 

 Rasul Paulus berbicara kepada orang Kristen. Dalam Efesus 4, Paulus memberi nasehat tentang perilaku yang layak bagi panggilan mereka (Ef 4:1). Perintah-perintah yang diberikan dalam ayat 25-32 ditujukan kepada orang percaya sejati dalam Yesus Kristus. Kata mencuri mengunakan bentuk kata kerja present active participle masculine singular nominatif dan jangan mencuri lagi digunakan bentuk (curi yang kedua) kata kerja orang ketiga tunggal present aktif imperatif. Dari bentuk kata yang dipakai maka dapat dipastikan bahwa ada orang yang telah percaya tetapi masih melakukan tindakan sebagai pencuri aktif. 

Pandangan Paulus terhadap pencuri, tetap Paulus mengasumsikan mereka telah diselamatkan. Dengan memperhatikan Lukas 23:39-43 bahwa orang yang disamping Tuhan Yesus adalah pencuri, dan salah satu satunya diselamatkan. Pencuri tidak melampaui kuasa Allah dan tidak ada orang berdosa terlalu kehilangan bagi Allah. Allah dapat menyelamatkan melalui darah Yesus yang tertumpah di kayu salib. 

Bila melihat 1 Korintus 6:9-11 yang tertulis sbb: atau tidak tahukah kamu, bahwa orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita. 

Paulus tidak percaya bahwa keselamatan secara otomatis dalam arti adanya perubahan langsung pola berpikir atau perilaku. Dalam rahmat-Nya kadang-kadang Tuhan memberi orang-orang berdosa dari dosa-dosa tertentu pada saat konversi mereka. Paulus bukanlah seorang perfeksionis, tetapi memberi nasehat agar tidak membiarkan dosa memerintah di tubuh yang fana ini. Melalui menyerahkan diri kepada Allah maka kita dapat berjalan sebagai instrumen kebenaran kepada Allah. Melalui menyerahkan diri kepada Allah maka kita berada di bawah kasih karunia. (Roma 6:12-14) 

Dalam kasih karunia Allah kita berharap kepada-Nya menolong Dia bekerja mengubahkan segala sesuatu sehingga menjadi ciptaan baru. Biasanya melalui suatu proses dan atau juga pengalaman. Katogori mencuri dalam Alkitab, antara lain:
  1.  Putus asa. Ada kebutuhan seperti lapar, tetapi itu bukan penyelesaian masalah (Ams 6:30-31)
  2. Kesenangan (Thrill). Mencuri sesuatu kesenangan/hobi?! (Ams 9:17, perhatikan Ams 1:10-19)
  3. Menipu. Pencurian mengunakan akal (Im 6:1-5; Ams 20:10,23; Mikha 6:11)
  4. Kelalaian atau keterlambatan. misal menunda pembayaran.
  5. Mencuri dari Allah. Misal memberi persembahan korban yang cacat (Yes 61:8) dan atau perpuluhan (Maleakhi 3:8-10).
  6. Penindasan. Modusnya misalnya seperti menyalah gunakan kekuasaan (Yeh 22:29, Yer 22:2-5; 21:12; Luk 3:10-14; Yeh 34:2-6; Hos 6:9; Mat 23:25,14)
  7. Kesepakatan . Pesetujuan atau mengambil keuntungan dari perbuatan seseorang yang mencuri.
Siapapun dapat melakukan tindakan pencurian. Kitab Efesus 4:28 memberi nasehat kepada kita. Nasehat tersebut adalah :
  1. Biarkan tangan bekerja yang baik.
  2. Pertunjukkan melalui tangan segala apa yang baik.
  3. Memberi sesuatu dengan tangannya apa yang dapat diberi kepada yang membutuhkan.
Teks Alkitab menunjukkan bahwa kita sebagai orang Kristen yang harus selalu bertobat dan senantiasa belajar bekerja dengan baik, dan proses belajar tersebut sampai masuk dalam kerajaan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."