Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Konsumerisme

Komsumerisme adalah salah satu bagian dari postmodernism yang mengejala secara global. Zygmunt Bauman menyatakan : "Bila konsumsi adalah ukuran sukses terhadap kesuksesan hidup, kebahagiaan dan bahkan kesusilaan manusia, maka penutup terhadap hasrat manusia harus dilepaskan: tidak ada jumlah perolehan atau sensasi menarik yang akan memberi kepuasan dalam hal 'meningkatkan standar' yang dijanjikan oleh seseorang; tidak ada standar yang harus ditingkatkan - garis akhir bergerak menjauh bersamaan dengan pelarinya; gol-gol bergerak menjauh saat seseorang memcoba meraihnya. Jauh di depan, rekor-rekor terus dipecahkan.... tidak ada standar standar kecuali meraih lebih banyak, dan tidak ada aturan, kecuali perintah untuk "lakukan sebaik-baiknya" 

Konsumerisme membuat terjadinya perluasan kapasitas produksi tetapi disisi lain tabungan menipis dan meningkatnya kredit konsumsi. Komsumerisme cenderung memikirkan jangka pendek sehingga muncul strategi marketing yang memanfaatkan periode jangka pendek atau even-even tertentu menjadi momentum meningkatkan volume dan nilai transaksi pemasaran. 

Konsumerisme menjadikan Tuhan sebagai sarana mencapai / meraih impian memperoleh sesuatu produk dan kebesaran Tuhan ditentukan kesanggupan-Nya memberi materi. Tuhan harus ditaati. Bentuk ketaatan kepada Tuhan menjadi murid Tuhan. Sebagai murid maka akan melihat gaya hidup-Nya, pengajaran-Nya yang mewarnai asketisme moderat di dunia dengan menjadi kemuliaan Allah dan kepentingan sesama manusia sebagai fokus kehidupan sehingga penyangkalan diri bertujuan membuat Tuhan makin ditinggikan dan dirinya makin kecil. I Yoh 2:17: "Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selamanya." Apakah kehendak Allah terkait dengan kegiatan konsumsi? Contoh praktis dengan konsep pemikiran sederhana:

  • Berbelanja melihat kebutuhan.
  • Perhatikan penerimaan yang di dapat.
  • Jangan mengingini milik orang lain.
  • Fokuskan kepada produk yang berguna atau memiliki nilai manfaat. dll.
Tindakan praktis yang dilakukan di dasari oleh pertimbangan antara lain:
  • Segala sesuatu yang dimiliki adalah anugerah Tuhan yang dipercayai untuk dikelola bukan yang berhak kita miliki.
  • Hindari pemujaan terhadap aneka produk.
  • Pemakaian produk dengan bertanggungjawab baik dalam lingkungan sosial dan pribadi
  • Menerima segala sesuatu dengan tenang dan bersyukur.
Alasan tidak mencintai dunia; salah satu wujudnya produk-produk yang ada di dalamnya dengan paham komsumerisme adalah dunia akan lenyap dengan keinginannya. Kelenyapan dunia akan tiba ditandai gempa bumi, kelaparan, perang dll. Mereka berkata: "Celaka, celaka, kota besar, yang berpakaian lenan halus, dan kain ungu dan kain kirmizi, dan yang dihiasi dengan emas, dan permata dan mutiara, sebab dalam satu jam saja kekayaan sebanyak itu binasa. Wahyu 18:16. Ayat Firman Allah mengigatkan bahwa segala sesuatu di dunia termasuk aneka komoditi mewah dapat sewaktu-waktu hilang dan musnah. Nasehat Firman Tuhan adalah :
  • Karena engkau berkata : Aku kaya dan aku telah memperkaya diriku dan aku tidak kekurang apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. (Wahyu 3:17,18)
Konsumerisme menyebabkan ketergantungan sekalipun memiliki slogan kebebasan karena bebas melakukan apa saja dengan miliknya. Ketergantungan hanya Tuhan dengan cara dan jalan-Nya yang dapat mematahkan ketergantungan termasuk di dalamnya ketergantungan untuk berkonsumsi dan bertransaksi, sehingga konsumsi dan transaksi menjadi wajar sesuai dengan keperluan dan kemampuan.  

1 komentar:

  1. Konsumerisme adalah hawa nafsu teman.
    Percaya sama Tuhan Yesus tidak berarti kita otomatis memperoleh berkat materi.
    Ingatlah bahwa ada penderitaan dan juga pengorbanan didalam DIA.
    Terimakasih
    Indonesia Strong From Village
    Hidup Adalah Perjuangan

    BalasHapus

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."