Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Bijaksanakah Saya?


Lukas 16:8. Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik. Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang. 

Pernyataan tegas yang dikatakan Yesus, banyak membuat orang tersinggung dan menolak pernyataan ini dan pernyataan ini diucapkan oleh Yesus. Pernyataan Yesus mengangkat kehidupan manusia "tanpa peduli" dengan mengutamakan  kepentingan pribadi merupakan suatu kebiasaan , bukan suatu pengecualian di antara "kelompok rohani" Bendahara dunia. Permasalahan Bendahara diungkapkan oleh Yesus Kristus. Injil Lukas 16:1-8 sebuah pengungkapan tentang bendahara. Pengungkapan tersebut antara lain:
  • Tuhan Yesus membawa fenomena bendahara yang mengurusi kekayaan sebagai topik pengajaran-Nya. (ayat 1).
  • Bendahara memiliki kemampuan berpikir dan kepercayaan untuk mengurusi kekayaan - dunia. ( 4-7).
  • Bendahara dipuji karena ia bertindak cerdik (ayat 8).
Dalam perumpamaan ini, Yesus mengisahkan seorang bendahara yang mengelola bisnis tuannya yang kaya. Tuannya mengetahui bahwa bendaharanya melakukan korupsi dan memutuskan untuk melakukan pemecatan. Sebelum dipecat, bendahara mendapatkan tugas merapikan / membereskan laporan keuangannya dan laporan arus kas ( lihat ayat 4). 

Dalam ayat ke-4. Bendahara menjalin persahabatan dengan orang-orang yang berhutang kepada tuannya dengan motivasi kepentingan diri sendiri. Ia mencari jaminan bagi dirinya sendiri, dengan mempengaruhi teman-teman baru. Penghargaan tuannya bukanlah didasarkan karena kejujran, keadilan atau mengelola uang dengan baik, melainkan kekaguman terhadap kecerdikan dengan mengunakan otaknya. 

Bendahara yang tidak jujur, membangun suatu landasan yang kuat untuk masa depannya. Dalam ayat ke -8 mengambarkan kepengurusan anak-anak terang disepanjang masa. Kita membiarkan dunia melebihi kita  dalam mengunakan kemampuan berpikir pemberian Allah pada waktu kita mengerjakan hal-hal penting dalam kehidupan kita. Dalam usaha gila-gilaan yang bersifat duniawi untuk memperoleh apa yang diinginkan, untuk memenuhi maksudnya, dunia tidak pernah berhenti. Marilah kita dengan bijaksana membandingkan penafsiran/pandangan dunia dan kekristenan tentang pengurusan / pengelolaan dan lihat apa yang muncul.
  1. Motif dunia bersifat sementara, tetapi motif anak-anak terang bersifat kekal.
  2. Kemajuan dunia itu cepat sekali dan gila-gilaan dalam melakukan sesuatu, tetapi kemajuan keselamatan dunia yang sesat sangat lambat.
  3. Akhir dari kepengurusan duniawi tidak berpengharapan dan neraka yang menantikannya. Anak-anak Terang menyatakan suatu pengharapan yang kekal dan hidup yang kekal.
Dengan suatu motif dan akhir yang dimiliki oleh gereja, dan janji akan kekuatan yang tidak terbatas oleh Roh Kudus yang diam di dalamnya, maka kekeristenan dan anak-anak terang haruslah hidup lebih lama, berpikir lebih jauh, dan mematikan apa yang dihasilkan keduniawian. 

ALLAH mempunyai hikmat yang tidak terbatas untuk melengkapi setiap keperluan keselamatan, pemeliharaan dan penyelamatan yang terakhir bagi anak-anak-Nya. Kecerdikan bendahara tersebut sebagai tontoan suatu kekaguman akan mengunakan otaknya, namun selaku anak-anak terang menantikan Kristus yang adalah kepala bertindak. Efesus 1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi. Filipi 3:8,11 tertulis : "Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus. (11) Supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati." 

Hanya dengan pertolangan dan kasih karunia Allah, kita dapat menerima kewajiban sebagai bendahara yang setia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."