Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi. Hosea 6:3
Spirit
Arus Hayat
Fresh Juice
Our Daily
English
Mandarin
Russia
Bread
Thailand
Indonesia
Cambodia
Help make a difference in the lives of children in need. Now is the time to sponsor a child.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Kamis, 09 Mei 2013

Ketenangan Bertansaksi

Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin. Pengkhotbah 4:6.

Transaksi bagian penting dari perdagangan baik berupa pasar atau bursa sekalipun pasar dan atau bursa memiliki ciri khas masing-masing. Bursa sebagai bentuk pasar modern tetap memiliki prinsip dasar bertransaksi, salah satunya adalah ketenangan. Apa pun pasarnya, baik pasar uang, pasar modal, pasar komoditi, pasar tenaga kerja ataupun bursa, transaksi memerlukan ketenangan.

Raja Salomo telah memberi nasehat bahwa lebih baik segenggam ketenangan dari pada dua genggam jerih payah sebab dapat menghasilkan usaha menjaring angin dan atau mungkin kerugian. Kerugian bertransaksi juga dinamakan menjaring angin.

Transaksi di pasar terlebih dalam bursa, pelaku usaha diperhadapkan dengan options yang memungkinkan untuk: Mengontrol lebih banyak aset dengan sedikit uang. Berdagang dengan daya ungkit. Berdagang untuk pendapatan. Keuntungan dari penurunan saham. Keuntungan dari fluktuasi atau mengamankan dari berbagai macam faktor. Mengurangi dan menghilangkan resiko. Dengan fasilitas options maka transaksi menjadi "hidup" dan "menarik" sehingga transaksi bursa adalah salah satu ciri perdagangan modern.

Joe DiNapoli menyatakan bahwa kehilangan kesempatan itu lebih baik daripada kehilangan kapital. Ketidak-tenangan dalam transaksi di bursa karena merasa kehilangan kesempatan lazimnya ditimbulkan oleh ketakutan dan keserakahan. Ketidak-tenangan sangat erat kaitannya dengan gejolak emosi. Dalam ketenangan dapat merumuskan strategi yang tepat sesuai dengan pandangan pasar. Pasar bullish, pasar bearish atau sideways dan atau pasar fluktuasi tinggi / fluktuasi rendah tetap memiliki kesempatan selama selaras dengan pandangan pasar dan strategi yang dipakai.

Manusia mengembangkan sistem untuk mengatasi faktor emosi ketakutan dan keserakahan dalam transaksi. Sistem hanyalah alat bantu mengontrol dorongan emosi, sebab emosi menentukan strategi yang akan dipakai, seperti : capped risk atau uncapped risk dan atau capped reward atau uncapped reward. Emosi ketakutan dan serakah dapat mengakibatkan apapun kondisi market price bergerak; baik sesuai prediksi maupun melawan prediksi menyebabkan usaha menjaring angin.

Bila menjaring angin maka transaksi tidak sesuai dengan harapan, baik berupa income ataupun capital gain. Salomo mengigatkan bahaya iri hati seseorang akan yang lain. (Pengkhotbah 4:4) Jika suatu jerih payah dalam menjalankan transaksi bisnis yang kental suasana iri hati menyebabkan sulit tenang dalam mengambil keputusan.

Kedewasaan emosi sangat diperlukan dalam bursa dan juga pasar. Bila emosi belum dewasa, disiplin yang tinggi dengan mengenal sistem, otomatisasikan sistem dan perkuat manajemen keuangan yang mungkin membantu mengontrol emosi.

Berapakah hasil yang didapat Anda sekarang? Salomo yang penuh hikmat memberi nasehat. "Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah kebahagiaannya. Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia? (Pengkhotbah 3:22)

Bila profit margin yang diperoleh di bawah target, berusahalah hidup tenang. Ketakutan dan keserakahan dapat menjadikan jalan menjadi licin dan tergelincir. Bersukacitalah , mengucap syukur....mendatangkan kepuasan dan ketenangan. Ketenangan adalah salah satu wujud kedewasaan emosi yang diperlukan dalam transaksi. Dalam hikmatnya- raja Salomo menasehatkan untuk melangkah masuk dalam ketenangan.

Raja Daud, orang tua Salomo menyatakan bahwa hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku ( Mzm 62:2) Salomo seorang anak yang baik tentu mendengar nasehat Daud, ayahnya. Bagaimana dengan kita sekarang? Transaksi membutuhkan ketenangan sehingga jernih berpikir. Ketenangan hanya dan bersumber pada Tuhan Allah saja. Jumpailah Tuhan Allah, Dia yang sanggup memberikan ketenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apakah Anda memiliki saran dan usulan terhadap blog ini, 
Jika ada mohon agar dapat disampaikan. 
Saran dapat disampaikan melalui

1. Facebook.

2.Twitter


3. Email Send mail
"Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!
Yesaya 16:3

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu


Prayer Cycle
11 May - 17 May 2014
EHC Prayer

Sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa
Kalender Doa Bulan April

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

Tetaplah berdoa
"Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."